10 Game Edukatif Anak Terbaik 2023 Untuk Android dan iPhone

Medicaltourismmalaysia.id– Dizaman era digital saat ini, banyak sekali hal yang bisa kalian dapatkan dengan cara memanfaatkan canggihnya tekhnologi pada zaman sekarang. Misalnya saja kalian dapat mengenalkan beberapa contoh jenis game edukatif untuk pembelajaran anak melalui smartphone.

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa dengan perkembangan tekhnologi yang semakin pesat hampir semua orang memanfaatkan smartphone. Bahkan sekarang sebagian anak-anak tidak bisa lepas dari yang namanya gedget.

Biasanya orang dewasa memanfaatkan ponsel pintar untuk menunjang suatu pekerjaan ataupun pendidikan. Lain halnya dengan anak-anak yang kerapa kali digunakan untuk menonton TikTok ataupun bermain game.

Saat ini, sudah banyak sekali kasus tentang anak-anak yang kecanduan gedget untuk bermain game online. Oleh sebab itu, kita sebagai orang tua harus pintar dan bijak dalam mengarahkan anak-anak supaya tidak salah dalam memanfaatkan smartphone tersebut.

Pada ulasan kali ini para orang tua dapat memilihkan game yang tidak hanya untuk menghibur anak saja melainkan bisa dijadikan sebagai media edukasi sehingga dapat membantu tumbuh kembang anak.

Mungkin tidak semua permainan memiliki dampak buruk terhadap anak-anak. Karena saat ini terdapat game edukatif yang dapat memberikan perkembangan sangat baik untuk otak anak.

Bagi kalian yang sedang mencari jenis game edukatif untuk pembelajaran anak yang dapat didownload melalui smatphone kesayangan, maka simak saja ulasannya dibawah ini.

Baca juga:8 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik 2023 Untuk Android

Rekomendasi Game Edukatif Untuk Pembelajaran Anak

jenis game edukatif anak terbaik 3

Baiklah dibawah ini terdapat beberapa rekomendasi game edukatif yang dapat kalian pilih salah satu untuk menunjang pembelajaran anak melalui smartphone.

1. 94 Degress: Fun Trivia Quiz

Game pertama yang dapat dijadikan sebagai rekomendasi dalam pemilihan jenis permainan edukatif untuk anak kalian dirumah adalah 94 Degress: Fun Trivia Quiz.

Platform ini mempunyai konsep permainan tentang menebak suatu hal, mulai dari anggota tubuh, negara bahkan sampai buah-buahan. Game ini terbilang sedikit menantang dan juga menyenangkan bagi anak-anak bahkan dewasa.

2. Duo Lingo

Mungkin saat ini sebagian orang tua banyak yang sudah mengajarkan anaknya untuk belajar bahasa Inggris. Nah, bagi kalian yang ingin mengajarkan anaknya berbahasa Inggris tentunya bisa memanfaatkan aplikasi Duo Lingo ini.

Didalam aplikasi ini terdapat beberapa jenis bahasa asing yang dapat kalian ajarkan kepada anak-anak dirumah dengan menyenangkan lewat permainan edukasi.

Selain itu, Duolingo sendiri dilengkapi dengan tampilan yang menarik sehingga bisa membuat si kecil bersemangat dan nyaman dalam belajar bahasa asing.

3. Coloring & Learn

Game berikutnya yang dapat dijadikan sebagai rekomendasi dalam pemilihan permainan edukasi untuk anak dirumah adalah Coloring & Learn.Permainan ini mampu mengajak anak untuk bermain dan mengenal berbagai jenis hewan, angka, alphabet, warna dan lainnya.

Selain dapat mengenal warna, ternyata segala aktifitas dalam mewarnai mempunyai manfaat bagi perkembangan anak mulai dari ketangkasan tangan, mengasah motorik halus, media berekspresi bahkan untuk melatih konsentrasi.

4. Puzzle Kids – Animasi Shapes & Jigsaw Puzzle

Game yang satu ini dibuat dan dirancang secara khusus untuk anak-anak dan orang dewasa supaya dapat belajar sambil bermain. Terdapat empat kategori dalam game ini yaitu mencocokan bentuk, menyusun objek, tebak gambar, dan teka-teki jigsaw.

Dari setiap game tersebut dapat menantang anak dalam memanipulasi dan menemukan bentuk, memecahkan teka-teki gambar, mengenali tentang bagaimana bentuk sesuai gambar yang besar.

Dan semuanya itu akan tampil dengan berbagai macam warna dan sangat mudah untuk dimainkan oleh si kecil.

5. Block! Hexa Puzzle

Permainan berikutnya yang dapat dijadikan sebagai rekomendasi game edukatif untuk anak adalah Block! Hexa Puzzle. Game ini dapat kalian mainkan dengan si kecil dirumah.

Dalam game ini terdapat kumpulan potongan balok yang berwarna-warni untuk disusun dan dibuat menjadi suatu bentuk. Potongan balok tidak dapat dirotasi supaya bisa disesuaikan dengan bentuk yang ada.

Game berikut ini tentunya harus membutuhkan suatu ketepatan dan fokus dalam berfikir, sehingga hal tersebutlah yang menjadikan permainan ini sangat edukatif untuk si kecil.

6. Doctor Kids

Game edukatif berikutnya yang hampir serupa dengan permainan lainnya adalah Doctor Kids. Game ini berperan untuk menentukan atau melihat minat dan bakat anak. Mungkin dimulai dari permainan ini, si kecil muncul keinginan untuk jadi seorang dokter kelak saat dewasa nanti.

Melalui game ini, anak-anak dapat melakukan sebuah permainan yang berkaitan dengan aktifitas dokter seperti pemeriksaan gigi, mata, meneliti dengan mikroskop. x-ra tulang dan lainnya.

7. Matching Games Memory Games Pairs: Remembery

game edukatif anak terbaik

Nah, permainan edukatif yang satu ini sangat cocok sekali untuk mengasah otak si kecil. Game berikut bisa untuk mencocokan sebuah gambar dan dilengkapi dengan banyak trik untuk mengasah otak terutama daya ingat si kecil.

8. Preschool Learning Games: Fun Games for Kids

Aplikasi ini dilengkapi dengan 15 jenis game yang dapat dimainkan oleh anak. Adapun rekomendasi usia untuk menyesuaikan dalam memainkan permainan ini.

Orang tua dapat mengikuti petunjuk atau arahan usia supaya anak dapat belajar dan bermain sesuai dengan kemampuannya. Selain itu, melalui game ini orang tua juga dapat melihat perkembangan anak secara bertahap.

9. Cooking Mama

Rekomendasi game edukatif selanjutnya yang dapat dijadikan sebagai pilihan orang tua untuk menemani si kecil bermain dirumah melalui smartphone adalah Cooking Mama.

Pelajaran dalam game ini tentunya dapat membantu untuk mengetahui bakat dan minat anak. Salah satunya yaitu game masak-masakan yang banyak dilakukan oleh anak perempuan. Namun, banyak juga anak laki-laki yang mempunyai minat bidang memasak ini.

Dalam permainan ini anak akan dilatih untuk mengikuti arahan dan perintah dalam tahapan memasak. Dan kalian pun akan gagal apabila tidak melakukan sesuai dengan instruksi dan arahan tersebut.

10. Educandy

Game terakhir yang dapat kalian gunakan untuk menemani anak bermain dirumah dengan memanfaatkan smartphone kesayangan adalah Educandy. Permainan ini dapat kalian akses melalui situs di iPhone atau Android.

Permainan ini mampu menguji kemampuan daya ingat si kecil dengan kosakata tertentu. Istilah ini lebih tepat dikenal dengan teka-teki silang.

Dari kumpulan rekomendasi diatas kalian dapat memanfaatkan salah satu dari permainan edukatif tersebut untuk menemani buah hati bermain dirumah menggunakan ponsel pintar kesayangan.

Baca juga:Download Fingertips Game Trending Apk For Android Terbaru 2023

Penutup

Demikianlah informasi yang dapat disampaikan terkait dengan jenis game edukatif yang dapat membantu para orang tua untuk lebih pintar lagi dalam memanfaatkan gedget dirumah. Selain itu, permainan edukatif ini juga bisa membantu tumbuh kembang anak serta minat dan bakat bisa terlihat sejak dini.