Yuk Coba Umai, Sushi Khas Malaysia!

Kuliner Malaysia yang paling kita kenal adalah nasi lemak. Namun tidak salahnya kita mencoba jenis kuliner lain saat kita berkunjung ke negara Malaysia. Salah satu kuliner khas Malaysia yang yang wajib kita coba adalah Umai. Ini adalah jenis kuliner atau makanan khas Malaysia yang berbeda dengan yang lainnya.

Jika di Jepang ada makanan bernama sushi, ikan mentah yang dimakan dengan nasi, di Malaysia juga ada makanan sejenis itu, yakni Umai. Untuk membuat umai, ikan yang dipilih harus ikan yang segar.

Tidak semua jenis ikan bisa dibuat umai. Biasanya penduduk Malaysia memilih ikan terubuk, parang, bawal putih, bawal hitam, atau udang. Karena dihidangkan dalam keadaan mentah, maka dibutuhkan proses untuk menghilangkan bau amis ikan.

Cara yang diambil untuk mengusir bau ikan biasanya dengan merendam ikan mentah dalam jus limau kasturi. Setelah direndam ikan langsung dibaluri bumbu yang terbuat dari campuran bawang merah, bawang putih, cabai, garam, dan bumbu penyedap. Umai yang sudah siap bisa dimakan bersama sambal tambahan.

Umai merupakan makanan khas daerah Sarawak, tepatnya dari Kota Kuching. Perpaduan bumbu pedas dan asam dari cabai, jahe, dan perasan jeruk limau yang digiling halus beserta bahan dasar Umai membuat rasanya begitu istimewa.

Bulan Ini

Minggu Ini