WFH Tetap Produktif di Saat New Normal

Penyebaran penyakit COVID-19 di berbagai negara semakin masif menyebabkan pergerakan manusia terbatas. Kegiatan masyarakat di luar rumah dibatasi dengan cara memberlakukan sejumlah protokol kesehatan, sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19.

Bagi orang yang bekerja, Work from Home (WFH) atau bekerja dari rumah menjadi pilihan agar tetap produktif di kala pandemi COVID-19 ini masih melanda. Baru-baru ini, kita mendengar istilah New Normal, atau aktivitas kebiasaan baru.

Dalam dunia bisnis dan pekerjaan, WFH akan menjadi suatu kebiasaan baru yang dilakukan oleh perusahaan dan para pekerjanya, khususnya di saat pandemi ini belum berakhir.

Demi meningkatkan produktivitas, sejumlah perusahaan dan kantor-kantor memperbolehkan para pekerjanya masuk kantor dan bekerja dari kantor, namun dengan pembatasan dan protokol kesehatan yang ketat. Meskipun begitu, tak semuanya masuk dan bekerja di kantor, ada juga yang masih bekerja di rumah di saat new normal ini.

Di Malaysia, angka penyebaran COVID-19 masih merata di berbagai negara bagian, maka dari itu pemerintah Malaysia meminta para pengusaha agar tetap memberlakukan WFH bagi para pekerjanya sebagai cara tetap produktif dan mencegah penularan COVID-19.

“Meskipun semua sektor ekonomi akan dibuka, pengusaha dapat mendorong pekerja untuk bekerja dari rumah. Ini adalah norma baru. Mungkin mereka dapat bekerja (dari kantor) pada hari-hari alternatif,” kata Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Muhyiddin Bin Haji Muhammad Yasin, dikutip dari The Star.

Ternyata, kerja dari rumah atau Work from Home selain mencegah penularan COVID-19 lebih masif lagi, bisa membuat produktivitas pekerja tetap terjaga. Banyak manfaat lainnya dari kegiatan WFH, yakni staf atau pekerja mengalami lebih banyak fleksibilitas dalam menyesuaikan jadwal kerja mereka sambil memperhatikan kebutuhan pribadi.

Menghemat waktu tempuh menuju tempat kerja dari rumah, dan lebih banyak istirahat serta tidak stress. Lebih penting lagi, para pekerja dapat menjaga jarak sosial dan menghindari risiko tertular virus.

Mengadaptasi kenormalan baru ini memang menjadi tantangan bagi semuanya. Namun, hal ini menjadi lebih penting bagi semua orang agar terhindar dari COVID-19. Kami di Malaysia Healthcare, akan bertahan selama masa-masa yang penuh tantangan ini dan akan terus mendorong kualitas layanan kami ke yang tertinggi.

Bulan Ini

Minggu Ini