Virtual Traveling saat Pandemi, Mengapa Tidak?

Penyebaran pandemi virus corona (COVID-19) secara global membuat beberapa tempat wisata tutup sementara waktu. Meskipun demikian, beberapa tempat wisata seperti museum membuka jalur wisata virtual.


Apa itu wisata virtual?
Wisata virtual atau Virtual Traveling baru dikenal dan didengar pada saat pademi COVID-19 seperti saat ini. Virtual Traveling adalah wisata atau liburan tanpa harus pergi ke tempat wisata yang dituju, cukup menggunakan alat Virtual Reality (VR) dan sambungan internet. Melalui Virtual Traveling, kita bisa merasakan suasana tempat wisata yang dituju secara nyata.
Banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk virtual traveling #dirumahaja nih. Google Earth View adalah salah satu aplikasi yang mempunyai fitur virtual traveling. Cukup mengunduhnya di Play Store atau pun App Store, kamu sudah bisa menjelajah keliling dunia. Melihat fenomena virtual traveling yang sedang marak, Jurnalposmedia pun menyuguhkan tempat wisata alam yang menjadi favorit para virtual traveler di dunia.
Ketika kamu ingin melakukan liburan atau traveling tapi masih khawatir dengan penyebaran virus corona, virtual traveling bisa menjadi salah satu solusinya lho. Nah, kamu bisa melakukan beberapa cara virtual traveling seperti:

On board

Seolah-seolah ‘terbang’, dengan cara mencetak sendiri tiket pesawat di rumah. Agar terasa seperti berada di bandara sungguhan, kamu bisa berkeliling di setiap sudut rumahmu sambil menjinjing koper, menenteng paspor serta tiket pesawat yang sudah kamu cetak tadi, lalu duduk di depan kaca tabung mesin cuci, yang sekilas tampak seperti jendela pesawat.

Setel musik dan backdrop

Membayangkan musim panas di Paris, bersantai di depan Menara Eiffel atau tempat-tempat wisata lainnya akan lebih pas jika diiringi dengan latar belakang musik yang sesuai. Kamu bisa bersantai dengan menyenderkan tubuh di sofa di ruang televisi dengan latar belakang gambar pemandangan yang kamu inginkan sambil memutar alunan musik yang kamu suka untuk menambah kesan ‘liburan’.

Ikut tur virtual museum

Ikut tur virtual museum bisa jadi pilihan pas. Masa pandemi corona membuat begitu banyak museum menyediakan program tur museum secara online, kurang lebih 2.500 museum dan galeri di berbagai penjuru dunia menghadirkan program tur museum secara virtual. Menarik, mudah, dan tak perlu ribet ‘kan?

Untuk saat ini, virtual traveling menjadi salah satu opsi untuk mendapatkan kesenangan liburan #dirumahaja selama pandemi berlangsung. Namun, ketika pandemi ini telah selesai, kamu tetap bisa melakukan traveling secara langsung ke salah satu negara seperti Malaysia yang jadi destinasi wisata favorit kok! Jadi, jangan khawatir ya!

Bulan Ini

Minggu Ini