Tips Menjaga Kesehatan untuk Ibu Hamil saat Pandemi

Pandemi virus corona membuat ketakutan dan kecemasan tersendiri pada setiap orang, termasuk ibu hamil. Merencanakan progam hamil di tengah pandemi bukan hal yang mudah. Karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan fisik dan mental di tengah pandemi.

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan ibu hamil selama pandemi ini?

Berikut 5 tips yang dapat diterapkan agar ibu hamil serta si calon bayi tetap sehat di tengah pandemi.

1. Rajin Mencuci Tangan
Mencuci tangan adalah hal yang paling wajib dilakukan oleh semua orang di masa pandemi corona ini tak terkecual para ibu hamil. Tangan merupakan salah satu media penyebaran virus corona. Apapun yang disentuh di luar sana bisa jadi sudah disentuh oleh orang yang sudah terpapar virus corona. Rajinlah mencuci tangan dengan sabun dan di air mengalir. Jika sedang tidak memungkinkan, membersihkan tangan dengan cairan antiseptik berbahan dasar alkohol.

2. Hindari Keramaian
Social distancing atau menjaga jarak merupakan salah satu upaya untuk menghindari penyebaran penyakit akibat virus corona. Jarak 2 meter dinilai sebagai jarak yang aman agar kamu terhindar dari droplet yang dikeluarkan oleh orang yang batuk atau bersin di sekitarmu.

3. Di Rumah Saja
Opsi dan anjuran ini merupakan langkah yang tepat untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Begitu juga dengan ibu hamil. Jika memang tidak ada hal-hal yang begitu penting, hindari untuk keluar rumah. Fokuslah menjaga kesehatan Ibu Hamil dan calon bayinya di rumah. Meski begitu, bukan berarti juga harus melewati jadwal kontrol rutin. Tetap kontrol kondisi kandungan dan perkembangan janin ke dokter.

4. Makan Makanan Bergizi
Sebagai orang yang sedang berbadan dua, asupan gizi menjadi hal yang sangat penting. Seseorang diyakini mampu menangkal serangan virus corona jika memiliki daya tahan tubuh atau imunitas yang baik. Karena itu, ibu hamil harus giat mengonsumsi makanan yang bergizi. Makanan yang lengkap dan berimbang bisa menjadi pilihan dalam menu sehari-hari. Memakan makanan yang mengandung karbohidrat dan protein serta sayur dan buah sangat dianjurkan untuk menjaga daya tahan tubuh. Ibu hamil biasanya juga dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin yang kaya akan kalsium. Asupan vitamin tambahan pun dapat kamu konsumsi agar tetap dalam kondisi prima dan janin dalam kandunganmu berkembang dengan baik.

Bulan Ini

Minggu Ini