Tips Liburan Sehat dan Aman di Kala Pandemi

Datangnya wabah virus corona membuat rencana liburan Anda bersama keluarga, teman, atau pun solo traveling pun harus tertunda. Semua tempat wisata sementara waktu harus ditutup. Hal ini demi mencegah penyebaran COVID-19 dan kerumunan massa di tempat wisata. Padahal, liburan tersebut sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelum pandemi ini melanda.

Namun seiring dengan berjalannnya waktu, beberapa negara sudah memasuki fase new normal meski angka kasus COVID-19 belum menurun. Bebebrapa tempat wisata pun dibuka secara bertahap. Pembukaan tempat wisata ini pun tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang baik dan benar.

Jadi, jika Anda dan keluarga ingin berekreasi atau berwisata, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar di saat liburan, mau pun setelah kembali dari liburan Anda dan keluarga tetap sehat dan aman. Pastikan kondisi fisik Anda dan keluarga Anda sehat dan fit. Masing-masing anggota keluarga harus tahu kondisi fisik sebelum berangkat ke tempat wisata. Setelah kondisi fisik dipastikan siap dan aman, jangan lupa selanjutnya tetap mematuhi protokol kesehatan dan mematuhi protokol keamanan, di mana pun dan kapan pun.

Jika pada masa normal sebelum pandemi, kita cukup memilih destinasi wisata impian, pesan transportasi dan penginapan, saat pandemi ada hal lain yang harus ditentukan pertama kali. Paling awal yang perlu diketahui adalah mengenai status keamanan wilayah yang akan didatangi. Pastikan daerah wisata yang akan dikunjungi berada di zona hijau, atau tingkat penyebaran kasus COVID-19-nya rendah.

Setelah diketahui wilayah yang ingin dituju ada di zona hijau, selanjutnya adalah cari informasi dan pastikan destinasi wisata yang dituju apakah sudah membuka pintu untuk kunjungan wisatawan, atau belum. Jangan sampai sudah jauh-jauh pergi ke suatu wilayah demi mengunjungi destinasi impian, tapi sesampainya di sana semua rencana harus pupus karena hal ini. Kemudian, pilihlah destinasi wisata ruang terbuka atau wisata alam seperti pantai atau ke gunung. Hal ini guna tetap menjaga jarak aman dari pengunjung lain. Selain itu, wisata alam atau ruang terbuka mendatangkan ketenangan dan kesenangan tersendiri bagi diri kita yang sudah terlalu lama berdiam diri di rumah.

Selain itu, ketika memilih hotel untuk menginap pastikan hotel itu menawarkan beragam fasilitas pencegahan dan perlindungan tamu dari bahaya COVID-19. Terakhir, minimalisir penggunaan toilet umum atau toilet bersama. Mengapa? Di sana banyak orang yang menggunakannya secara bergantian dan mungkin sangat jarang toilet-toilet itu didesinfektan secara rutin. Jika terpaksa, pastikan Anda mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer setelah selesai menggunakan toilet.

Bulan Ini

Minggu Ini