Tetap Patuhi Protokol Social Distancing di saat New Normal

Virus corona atau COVID-19 masih melanda di sejumlah negara. Namun, sejumlah negara telah membuka kembali pembatasan yang telah dilakukan sebelumnya. Fase new normal di berbagai negara pun sudah dimulai. Namun di era new normal ini, bukan berarti sudah terbebas dari virus corona.

Negara-negara yang memilih untuk kembali ke kondisi normal di tengah-tengah ancaman COVID-19 memiliki peluang lebih tinggi untuk mengalami kebangkitan virus dengan konsekuensi yang lebih berat.

Nikkei Asian Review melaporkan bahwa beberapa negara di Asia mengalami skenario lebih buruk akibat pelonggaran pembatasan. Akibatnya lonjakan kasus baru memaksa pemerintah untuk memberlakukan pencegahan yang lebih ketat.

Begitu juga di Malaysia, walaupun jumlah penambahan kasusnya tak melonjak namun pembatasan sosial atau social distancing masih tetap dilakukan. Hal ini sebagai bagian dari anjuran pemerintah Malaysia yakni Perintah Kawalan Pergerakan di saat pemulihan.

Kementerian Kesehatan telah menyarankan masyarakat untuk mematuhi anjuran 3C dan 3C sebgai Standar Operasional Prosedur untuk social distancing. Berikut ini adalah tips melakukan social distancing:

  • Hindari tempat-tempat yang dipenuhi banyak/kerumunan orang
  • Jaga jarak dengan siapa pun, di mana saja, kapan saja (termasuk dalam kegiatan peribadatan seperti salat)
  • Saat berinteraksi dengan orang lain tutup wajah dengan masker untuk menghindari droplets dari orang lain
  • Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir
  • Memakai masker
  • Patuhi segala protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah

Hal ini sangat penting bahwa setiap orang tetap waspada dan mematuhi SOP. Pemerintah Malaysia selalu memastikan kami dapat memenangkan pertarungan melawan COVID-19 bersama-sama.

Bulan Ini

Minggu Ini