Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan penyakit global yang tiap waktu semakin bertambah jumlahnya. Data penelitian pada tahun 2018 menunjukkan bahwa sekitar 450 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes. Diabetes dibedakan menjadi dua jenis, yaitu  tipe 1  dan tipe 2. Diabetes tipe 1 terjadi ketika tubuh tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup, sehingga gula yang dikonsumsi tidak dapat diolah.

Sementara, diabetes tipe 2 adalah kondisi saat tubuh tidak dapat menggunakan insulin sebagaimana mestinya. Selain itu, diabetes juga dapat terjadi di masa kehamilan (diabetes gestasional). Apa pun tipenya, jika dibiarkan berkepanjangan, gula darah tinggi yang tidak terkontrol ini dapat menimbulkan sejumlah komplikasi yang berbahaya. Untuk mencegah terjadinya diabetes, ada beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan sebagai berikut:

1. Menerapkan pola makan sehat
Pola makan sehat adalah salah satu kunci utama terhindar dari diabetes. Anda disarankan untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman tinggi gula, kalori, dan lemak, misalnya makanan olahan, kue, es krim, dan makanan cepat saji. Untuk mengurangi risiko terkena diabetes, batasi asupan gula harian sebesar 40 gram atau setara dengan 9 sendok teh gula. Jika Anda suka ngemil, sebaiknya pilih camilan sehat, seperti susu, yoghurt rendah lemak dan gula, serta kacang-kacangan yang direbus tanpa garam. Hindari juga minuman bersoda atau jus buah kemasan yang memiliki kadar gula tinggi dan perbanyaklah minum air putih.

2. Olahraga secara rutin
Olahraga rutin memiliki banyak manfaat, salah satunya mencegah tubuh terkena diabetes. Olahraga rutin dapat membantu tubuh menggunakan hormon insulin secara efektif, sehingga kadar gula dalam darah dapat lebih terkontrol.

3. Menjaga berat badan
Penting untuk selalu menjaga berat badan agar tetap ideal dengan rutin olahraga dan menjalani pola makan sehat yang bergizi seimbang.

4. Mengelola stres dengan baik
Stres yang tidak dikelola dengan baik dapat meningkatkan risiko untuk terkena diabetes. Tidak hanya itu, saat stres tubuh juga akan cenderung lebih mudah lapar dan terdorong makan lebih banyak. Oleh sebab itu, Anda harus pandai dalam mengelola stres agar tidak melampiaskannya pada makan atau ngemil secara berlebihan.

5. Cek gula darah secara rutin
Untuk mengatahui nilai kadar gula dalam tubuh, Anda memeriksa gula darah secara berkala ke dokter atau pun rumah sakit. Tes gula darah ini perlu didahului dengan berpuasa setidaknya 10 jam sebelum pemeriksaan dilakukan. Jika Anda memiliki faktor risiko tinggi untuk terkena diabetes, seperti berusia 40 tahun ke atas, memiliki riwayat penyakit jantung atau stroke, obesitas, atau memiliki anggota keluarga yang juga penderita diabetes, maka dokter mungkin akan menyarankan tes gula darah dilakukan lebih sering. Namun, bagi Anda yang sehat dan tidak berisiko tinggi terkena diabetes, maka pemeriksaan gula darah dapat dilakukan setahun sekali. Cek gula darah secara rutin setahun sekali ini bisa Anda lakukan sambil traveling misalnya.

Tidak ada salahnya ketika Anda sedang traveling menyempatkan diri untuk memeriksakan diri Anda di tempat wisata yang Anda kunjungi. Jika Anda sedang traveling di Malaysia, tidak salah Anda mencoba wisata kesehatan yang disediakan oleh Malaysia Healthcare.

Bulan Ini

Minggu Ini