Pentingnya melakukan Medical Check Up

Masyarakat pada umumnya terkadang menyepelekan hal – hal kecil seperti medical check up secara rutin. Padahal hal ini untuk mengetahui seberapa sehat tubuh kita. Kegiatan dan gaya hidup sehari-hari membuat orang tak sadar bahayanya penyakit yang di sekitar.

Jika rutin melakukan Medical Check Up, maka akan membantu mendiagnosis penyakit yang berpotensi menjadi penyakit serius. Rutin melakukan medical check up secara rutin juga mempermudah pengobatan penyakit yang berpotensi menyerang tubuh kita.

Berbagai dokter menyarankan medical check up ini dilakukan setahun sekali, khususnya bagi mereka yang lanjut usia. Sedangkan untuk anak, medical check up dapat dilakukan sejak bayi. Hal ini juga untuk memantau tumbuh kembang si anak. Medical Check up juga disarankan dilakukan kepada mereka yang berusia 35 tahun ke atas. Karena pada masa usia ini, proses penuaan mulai terjadi. Sementara untuk 35 ke bawah, medical check up disarankan jika ada keluhan dan factor-faktor risiko penyakit turunan dari keluarga,dan lainnya.

Pelaksanaan Medical Check Up bisa dilakukan kapan saja, dan di mana saja. Bahkan saat Anda sedang melakukan traveling atau berwisata. Kini layanan wisata kesehatan seperti di berbagai negara mulai digencarkan. Seperti di Malaysia, saat ini membuka layanan wisata kesehatan, salah satunya Medical Check Up. Wisata kesehatan, memang hal ini jarang sekali dilakukan oleh para travelers di dunia, khususnya di Indonesia. Malaysia merupakan salah satu negara di Asia yang memiliki nilai pelayanan kesehatan nomor satu.

Mengutip dari The Star,  pada tahun 2019 layanan kesehatan Malaysia mendpapatkan skor 95 dari 100, dan menduduki peringat pertama dalam kategori Layanan Kesehatan Terbaik di dunia. Penilaian itu berdasarkan dari International Living Annual Global Retirement. 

Berdasarkan penilaian tersebut, Malaysia menempati peringkat pertama dengan layanan keeshatan kelas dunia dan infrastruktur yang canggih. Dari penilaian itu disebutkan, di Malaysia, pasien tidak perlu membuat janji untuk bertemu dengan dokter spesialis. Bahkan, seorang pasien yang akan dirawat tidak perlu memerlukan surat rujukan dari dokter umum.

Bulan Ini

Minggu Ini