Penting! Jangan Lupakan Zat Gizi Mikro Untuk Anak

Setiap orang membutuhkan zat gizi mikro meskipun dalam jumlah yang kecil. Jika kekurangan zat gizi mikro maka akan berdampak bahaya pada tubuh kita. Tidak hanya pada orang dewasa saja, begitupun usia anak-anak.

Zat gizi mikro, merupakan unsur mikronutrien yang sangat penting untuk tubuh. Fungsi zat gizi ini terutama untuk membantu mengatur fungsi fisiologis tubuh dalam menjaga kesehatan.

Kekurangan zat gizi mikro (vitamin, mineral, dan sekelumit/trace minerals) seringkali bagi anak tersembunyi dan tidak disadari. Bahkan jika tidak segera diatasi bisa membawa dampak buruk dalam jangka panjang.

Zat gizi mikro memiliki peran untuk membantu pertumbuhan tulang, gigi, sel, termasuk pencernaan metabolisme, pembentukan imunitas, tekanan darah dan cairan tubuh serta pengendalian syaraf.

Kekurangan zat gizi mikro (vitamin dan mineral) lebih sering terjadi terutama untuk kasus kekurangan kalsium, zat besi, zinc, asam folat, B12, C, dan D pada anak, perempuan, dan ibu hamil. Kekurangan ini seringkali diakibatkan karena diet atau pola makan miskin sumber pangan hewani dan buah.

Tanpa pangan hewani dan sayur maka akan sulit bagi tubuh untuk memenuhi kecukupan asupan zat gizi mikro. Defisiensi zat gizi mikro, dalam jangka yang lama dapat memberikan dampak nutrisi yang nantinya akan mempengaruhi peningkatan angka kesakitan dan kematian, serta mempengaruhi gangguan serius pada tumbuh kembang anak.

Bulan Ini

Minggu Ini