New Normal Ala Malaysia

Masa new normal di berbagai negara telah dimulai, seiring dengan berkurangnya jumlah kasus corona atau COVID-19 begitu pun di Malaysia. Baru-baru ini Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Dato’ Muhyiddin bin Mohd. Yasin mengumumkan penerapan masa Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) Pemulihan yang sudah berlaku sejak 10 Juni 2020 hingga 31 Agustus 2020.

Pemulihan PKP ini diikuti dengan penurunan jumlah kasus COVID-19, warga Malaysia kini pun dapat bernapas lega karena jumlah wabah COVID-19 semakin menurun. Penurunan jumlah kasus COVID-19 di Malaysia terjadi berkat kinerja pemerintah terutama Kementerian Kesehatan Malaysia, serta para tenaga medis yang berada di garda terdepan dalam memerangi corona.

“Selama masa penerapan Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) Pemulihan, sejumlah pembatasan akan dilonggarkan dan mengizinkan tempat-tempat umum dibuka kembali untuk kegiatan masyarakat, tapi dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang berlaku,” kata Muhyiddin dikutip dari New Strait Times, beberapa waktu lalu.

Di masa PKP Pemulihan ini terdapat sejumlah aturan yang terdiri dari beberapa hal seperti mengizinkan warga Malaysia untuk melakukan perjalanan dalam negeri, dibuka kembalinya sektor-sektor bisnis dan ekonomi yang dilarang buka selama masa PKP dan pelonggaran kegiatan masyarakat lainnya seperti berolahraga di ruang terbuka.

Meski pun demikian, pelonggaran ini juga harus diikuti oleh aturan SOP dan protokol kesehatan yang berlaku. Selain itu, masih ada beberapa hal yang dilarang dilakukan selama new normal di Malaysia, seperti pertemuan atau acara yang melibatkan orang banyak dan tetap menjaga jarak satu dengan yang lainnya (social distancing).

Kini Malaysia seperti menyaksikan langit yang cerah setelah melawan badai COVID-19 selama berminggu-minggu dan berbulan-bulan. Semangat warga Malaysia dalam memerangi COVID-19 sangat besar lantaran terus mematuhi anjuran pemerintah.

Anjuran pemerintah Malaysia melalui Kementerian Kesehatan antara lain:

Jauhi kerumunan, pembatasan orang banyak di dalam ruangan dan berjarak ketika berinteraksi dengan orang lain.

Selain itu, sesering mungkin warga harus mematuhi anjuran pemerintah lainnya, yakni rajin mencuci tangan dengan air dan sabun, memakai masker jika di berada di tempat umum dan saling mengingatkan ke diri sendiri dan orang lain untuk menjalankan aturan-aturan lainnya;

  • Hindari berjabat tangan
  • Tak batuk dan bersin di hadapan orang lain
  • Disinfeksi permukaan yang sering disentuh dengan cairan disinfektan
  • Tetap di rumah
  • Segera mencari pengobatan jika mengalami gejala tertentu

Kami salut dan berterima kasih kepada petugas medis yang berada di garda terdepan atas semua upaya dan komitmen yang diberikan dalam memerangi wabah COVID-19. Sekarang kami Warga Malaysia mari tetap berpegang pada ‘New Normal’ dan tetap kuat, tetap waspada dan tetap aman.

Bulan Ini

Minggu Ini