Mari Jaga Kesehatan Jantung Kita Sebagai Organ Vital Tubuh

Jantung merupakan organ yang penting dalam tubuh kita, sebab organ ini terus bekerja tanpa henti di dalam tubuh. Organ ini memiliki peran yang sangat penting, yaitu memompa darah ke seluruh tubuh untuk menjaga kelangsungan hidup.

Berbagai jenis gangguan atau penyakit bisa menyebabkan kondisi jantung memburuk, bahkan berujung pada kematian. Maka dari itu menjaga kesehatan jantung kita merupakan sesuatu yang sangat penting. Salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan organ ini adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan yang baik.

Menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan dengan beberapa cara, terutama menjalani gaya hidup dan pola makan sehat. Merawat kesehatan jantung artinya merawat kehidupan. Pasalnya, saat jantung berhenti makan kehidupan seorang manusia pun akan ikut berhenti.

1. Makanan Sehat
Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengonsumsi makanan sehat, terutama yang banyak mengandung serat. Makanan yang kaya akan serat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Anda bisa mendapat asupan serat dari buah-buahan, sayuran, gandum, kacang, dan sereal. Lengkapi juga konsumsi serat dengan banyak minum air putih agar pencernaan lebih lancar.
2. Rutin Berolahraga
Jarang berolahraga dan melakukan aktivitas fisik nyatanya juga berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Maka dari itu, salah satu cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan aktif secara fisik atau rutin melakukan olahraga. Di tengah kesibukan sehari-hari, sempatkanlah untuk berolahraga sekitar 20–30 menit setiap hari.
3. Berhenti Merokok
Orang yang aktif merokok memiliki risiko lebih tinggi mengalami penyakit jantung koroner. Tak hanya pada perokok, risiko penyakit ini juga meningkat pada orang di sekitar atau orang yang terpapar asap rokok.
Zat beracun yang ada pada rokok dapat merusak pembuluh darah jantung dan menyebabkan gangguan pada aliran darah. Hal itu kemudian menyebabkan fungsi jantung menjadi terganggu karena kurangnya asupan nutrisi dan oksigen.
4. Kurangi Lemak Jenuh
Mengonsumsi lemak jenuh dan lemak trans bisa meningkatkan kolesterol dalam darah, yang bisa memicu gangguan pada organ jantung. Kolesterol yang menumpuk bisa menyumbat pembuluh darah pada jantung dan memicu penyakit. Maka dari itu, sangat penting untuk membatasi konsumsi lemak jenuh, seperti daging merah, kulit ayam, makanan yang digoreng, serta produk susu kaya lemak.
5. Cukup Tidur
Kurang tidur juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung menyerang. Orang dewasa membutuhkan waktu istirahat minimal 7–8 jam dalam satu hari. Kurang beristirahat bisa meningkatkan risiko penyakit darah tinggi, diabetes, serta serangan jantung. Mengelola stres juga bisa membantu mencegah terjadinya penyakit jantung.

Bulan Ini

Minggu Ini