Manfaat Self-Care untuk Kesehatan Mental

Self-care atau merawat diri sendiri adalah suatu aktivitas yang dilakukan untuk meningkatkan rasa ketenangan jiwa setiap individu. Self-care juga berfungsi untuk mengatur stres di mana seseorang sedang mengalami guncangan atau tekanan yang begitu hebat, dan akan berpengaruh besar pada kesehatan jiwanya.

Dilansir Very Well Mind, berikut manfaat melakukan self-care untuk kesehatan jiwa dan mental Anda:

Mencegah timbulnya stress
Terkadang, rutinitas yang itu-itu saja membuat kita bosan sehingga tubuh pun seakan menolak untuk melakukannya. Di sinilah pentingnya melakukan self-care untuk menjaga suasana hati Anda. Dengan merawat diri sendiri, tubuh Anda menjadi lebih siap menjalani rutinitas yang dilakukan setiap harinya.

Menjaga Suasana Hati agar Tak Bosan Menjalankan Rutinitas
Rutinitas yang dijalankan setiap harinya bisa saja membuat seorang itu bosan. Pekerjaan yang terus terjadi setiap harinya dengan pola yang sama pada akhirnya tubuh akan menolak untuk melakukannya. Di sinilah pentingnya melakukan self-care untuk menjaga suasana hati Anda. Dengan merawat diri sendiri, tubuh Anda menjadi lebih siap menjalani rutinitas yang dilakukan setiap harinya.

Menjadi orang yang lebih baik untuk orang lain
Seseorang yang mengabaikan kebutuhan untuk merawat dirinya sendiri adalah orang yang berada dalam tidak ketidakbahagiaan, rasa percaya diri rendah dan memiliki dendam. Padahal, dengan merawat diri sendiri secara teratur dapat membuat Anda menjadi seseorang yang lebih baik untuk orang lain.

Memberi diri Anda me-time yang berkualitas
Saat Anda merawat diri sendiri, sebenarnya itu adalah saat yang tepat untuk berkomunikasi dengan diri sendiri. Anda dapat mengenali segala kelebihan dan kekurangan diri serta melakukan refleksi terhadap apa yang telah Anda lakukan selama ini. Jadikan self-care sebagai waktu untuk me-time yang berkualitas agar tubuh dan pikiran Anda menjadi lebih segar.

Membuat tubuh Anda lebih tenang dan rileks
Self-care bisa dilakukan dengan berbagai cara. Tak ada aturan pasti, semuanya tergantung bagaimana Anda memperlakukan tubuh Anda. Misalnya, pergi ke spa setelah lelah bekerja, melakukan pedicure untuk mempercantik kuku kaki, melakukan facial agar wajah lebih segar, atau menyantap cake favorit di akhir pekan sambil membaca buku yang tidak sempat Anda baca.

Pastikan Anda memiliki komitmen dalam melakukan self-care ini. Luangkan waktu khusus, satu hari seminggu atau setiap tiga hari sekali. Carilah waktu luang di mana Anda hanya akan fokus dengan diri Anda sendiri tanpa harus melakukan hal lain.

Setelah mengetahui manfaatnya, lalu apa sajakah yang termasuk dalam kegiatan self-care?

Secara umum, self-care juga hal yang perlu dilakukan untuk keberhasilan proses pemulihan dari gangguan mental. Orang-orang yang dalam proses pemulihan menemukan bahwa kesehatan fisik, spiritual, dan emosi mereka semuanya terhubung dan saling mendukung. Melansir dari Mental Health America, terdapat langkah yang bisa dilakukan sebagai self-care, antara lain:

– Menjalani Hidup Sehat
Misalnya mengonsumsi makanan sehat, cukup tidur, olahraga teratur, serta hindari narkoba dan alkohol. Mengatur stres dan melakukan pemeriksaan kesehatan rutin juga termasuk dalam upaya menerap pentingnya kan hidup sehat.
– Menjaga Kebersihan
Kebersihan yang baik penting untuk alasan sosial, medis, dan psikologis. Tidak hanya ampuh mengurangi risiko penyakit, tetapi juga meningkatkan cara orang lain memandang diri dan cara kamu memandang diri sendiri.
– Temui Teman
Jalinlah pertemanan yang sehat untuk membangun rasa kepemilikan. Kamu bisa mempertimbangkan untuk bergabung dengan grup pendukung untuk mendapatkan teman baru.
– Lakukan Hobi
Cobalah melakukan sesuatu yang kamu sukai setiap hari. Bisa dengan menari, menonton acara TV favorit, berkebun, melukis, atau membaca.

Relaksasi Ini juga penting sebagai bagian self-care. Caranya dengan melakukan meditasi, yoga, pijat, mandi, atau berjalan di hutan. Perawatan diri mendorong perbaikan diri dengan istirahat dan relaksasi, yang bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Ketika harga diri dan kesadaran diri kamu meningkat, itu memiliki efek positif pada pola pikir secara keseluruhan. Hal ini juga membuat kamu memiliki kualitas hubungan yang baik dengan orang lain.

Bulan Ini

Minggu Ini