Malaysia Sudah Siap Hadapi COVID-19 Sejak Awal Tahun 2020

Malaysia telah berhadapan dengan beberapa krisis kesehatan di masa silam, seperti virus Nipah tahun 1998, SARS di 2003, H1N1 pada 2009 dan MERS pad 2014. Dan saat ini, ketika COVID-19 melanda, kami siap menghadapi wabah ini.

“Kami sudah memulai menyiapkan alat pendeteksi COVID-19 yang tiba di laboratorium IMR sejak 3 Januari hingga 21 Januari,”kata Kepala Unit Virologi IMR, Dr Ravindran Thayan.

Lembaga khusus seperti Institut Penelitian Medis (Institute of Medical Research/IMS) selalu berjaga mengawasi tanda pertama dari wabah yang berpotensi masuk. Selain itu, seluruh lembaga juga bekerja sama untuk menghadapi situasi yang saat ini sedang melanda.

Dengan metode pencegahan yang tepat dan pendidikan publik, Malaysia mampu mempertahankan angka yang rendah, terutama gelombang pertama COVID-19.

Belajar dari berbagai peristiwa di masa lalu, Kementerian Kesehatan Malaysia telah menunjuk fasilitas pelayanan kesehatan umum, Rumah Sakit Sungai Buloh, untuk menjadi Pusat Rujukan Nasional untuk Penyakit menular.

Bahkan pada tahap awal, sistem Malaysia Health secara naluriah menggunakan protokol dan tindakan yang telah ditentukan sebelumnya untuk merawat pasien dalam sistem yang aman dan teratur.

Tak mengherankan jika Malaysia berada di peringkat ke-18 secara keseluruhan dalam Indeks Keamanan Kesehatan Global John Hopkins 2019. Tindakan cepat kami untuk membatasi angka penularan COVID-19 pada tahap awal juga membuat kami dipercaya oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan memuji kinerja Malaysia selama ini.

Beberapa langkah yang kami lakukan, mulai dari penjagaan rutin di pintu masuk dan keluar hingga memiliki fasilitas khusus untuk pasien, negara ini tidak hanya merawat pasien yang berasal dari warga Malaysia, tapi juga merawat pasien dari negara-negara lain. Sistem yang telah dijalankan oleh Malaysia Healthcare telah menunjukkan kesigapan yang patut dipuji setelah krisis COVID-19 dan akan terus melindungi semua orang di negara kami dengan dedikasi yang teguh.

Bulan Ini

Minggu Ini