Kesiapsiagaan Malaysia Hadapi COVID-19 Dipuji Dunia

Virus corona atau lebih dikenal dengan COVID-19 telah menyebar ke seluruh dunia, dengan laju yang sangat cepat, dan belum pernah terjadi sebelumnya. Penyebaran virus ini rata hampir di setiap negara ada kasusnya. Begitu pun di Malaysia. Namun, meskipun begitu, Malaysia telah siap menghadapi pandemi ini. Negara ini telah siap menghadapi wabah corona jauh sebelum virus ini menyebar rata ke seluruh dunia.

Pemerintah Malaysia, khususnya Kementerian Kesehatan dengan cepat menerapkan langkah-langkah pencegahan dan terus-menerus memberi kesadaran tentang langkah keselamatan untuk membatasi penyebaran COVID-19. Sejak jumlah kasus positif corona masih relatif rendah, dalam kurun waktu tiga bulan Malaysia bisa menghadapi virus ini.

Upaya pemerintah Malaysia mendapatkan penghargaan tinggi secara global dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) karena persiapan dan kemampuan mengatasi COVID-19. Malaysia mencontohkan keunggulan dalam menyelidiki kasus corona dan mempraktikan transparansi dalam berbagi perkembangan terakhir dengan WHO dan publik.

Kepercayaan yang didapat dari rekan-rekan internasional kami membuat Malaysia dipilih untuk mengambil bagian dalam pencarian penyembuhan, sebuah usaha yang melibatkan beberapa pakar global terkemuka dari negara-negara yang berbagi kesuksesan yang sama.

“Tingkat fatalitas karena corona di Malaysia hanya 1,58% dibandingkan dengan tingkat rata-rata di dunia yang mencapai angka 4% – 5%. Pencapaian prestasi ini selanjutkan akan menjadi modal kami sebagai salah satu layanan kesehatan yang terbaik di dunia,” kata Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Malaysia Datuk Dr Noor Hisham Abdullah.

Kisah-kisah sukses dan pengakuan global ini adalah hasil dari komitmen dan tekad kami yang teguh dari lini depan layanan kesehatan. Kemitraan swasta-publik yang solid juga memainkan peran penting dengan rumah sakit umum dan rumah sakit swasta bekerja sama untuk memerangi penyebaran virus.

Sistem kesehatan Malaysia yang kuat dan diatur dengan baik juga menjadi faktor monumental dalam keberhasilan memerangi COVID-19. Negara ini tetap aman, terjamin dan tabah dalam mengelola situasi dan berusaha untuk tetap demikian sampai pandemi diberantas dari pantai kita.

Bulan Ini

Minggu Ini