Kenali dan Cegah Penyakit Jantung Sedari Awal

Pernahkah Anda membayangkan, suatu saat Anda sedang makan malam bersama keluarga dengan hidangan yang lezat. Tiba-tiba, Anda merasakan sakit di dada Anda, seperti ditusuk oleh benda tajam, keringat dingin mulai keluar hingga Anda jatuh ambruk ke lantai?

Di tengah semua itu, Anda kemudian berpikir, “Apakah Saya terkena serangan jantung?”

Penyakit jantung atau serangan jantung dikenal juga sebagai Cardiovascular Disease (CVD), penyakit jantung telah lama dianggap sebagai penyebab kematian nomor satu di dunia, dengan lebih dari ¾ terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah. Penyakit jantung umumnya didefinisikan sebagai kondisi yang menyebabkan pembuluh darah menyempit atau tersumbat, atau berdampak buruk pada otot, katup, dan ritme jantung. Penyakit jantung sering mengakibatkan kematian karena banyak yang gagal mengenali dan dengan cepat mengatasi gejalanya saat muncul. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tanda-tanda peringatan penyakit jantung untuk menyelamatkan nyawa seseorang atau Anda. Berikut adalah beberapa gejala penyakit jantung:

• Nyeri dada atau sesak
• Sulit bernafas
• Nyeri, mati rasa, atau kelemahan pada lengan dan tungkai
• Nyeri di leher, rahang, tenggorokan, perut bagian atas, atau punggung
• Pusing
• Pingsan
• Berkeringat berlebihan

Jika Anda menyadari gejala ini pada diri Anda atau anggota keluarga, konsultasikan dengan dokter dan segera dapatkan bantuan medis.

Apakah penyakit jantung bisa dicegah?

Meski pun belum ada pengobatan khusus yang mampu menyembuhkan penyakit jantung, tapi penyakit ini bisa dicegah sedini mungkin. Caranya adalah dengan menjalankan gaya hidup yang sehat. Berikut adalah beberapa cara untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung;

– Tidak Merokok
Merokok telah dikenal sebagai faktor penyebab utama penyakit jantung karena menyumbat pembuluh darah yang sangat membutuhkan oksigen, meningkatkan tekanan darah karena jantung dipaksa bekerja melebihi batasnya. Meskipun Anda bukan perokok, menghirup asap rokok orang lain juga dapat meningkatkan kemungkinan terkena penyakit jantung sebesar 25 persen – 30 persen. Ambil langkah proaktif untuk berhenti merokok secara perlahan atau hindari tempat yang memiliki jumlah perokok pasif yang tinggi. Begitu Anda berusaha melakukannya, risiko Anda terkena penyakit jantung juga
menurun.

– Aktif secara fisik
Tidak semua orang menyukai beraktivitas selama satu jam di gym setiap hari. Namun, olahraga ringan seperti jalan cepat selama setidaknya 30 menit per hari dapat sangat memperkuat jantung Anda dan mencegah penyakit jantung. Jika menurut Anda ini memberatkan, Anda dapat membaginya menjadi tiga sesi 10 menit dan tetap menuai manfaatnya.

– Praktik diet sehat
Sebagian besar penyakit jantung dapat ditelusuri kembali ke kebiasaan makan seseorang karena juga memiliki andil dalam menentukan peluang Anda. Hindari makanan yang memiliki lemak tinggi, lemak jenuh, natrium, seperti daging merah, gorengan, minyak kelapa, dan makanan ringan dalam kemasan. Sebaiknya Anda menggantinya dengan lemak sehat yang berasal dari produk nabati seperti alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun karena dapat menurunkan kolestrol jahat. Selain
itu, dipadukan dengan mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan ikan.

Tak hanya itu, juga tetap menjaga dari minuman beralkohol karna bisa berpotensi menjadi bahaya kesehatan potensial.

– Menjaga berat badan yang sehat
Selain penyakit jantung, kelebihan berat badan dapat menyebabkan sejumlah penyakit yang tidak diinginkan seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes, sehingga menambah
beban pada jantung Anda. Untuk melindungi jantung Anda dari penyakit ini, ukur dan pantau berat badan Anda secara konstan dengan alat seperti indeks massa tubuh, yang memberi tahu Anda apakah Anda berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung berdasarkan tinggi dan berat badan Anda.

– Cukup Tidur
Cara ini mungkin tidak terlalu siginifikan bagi beberapa orang, tapi tahukah Anda bahwa kurang tidur menjadi penyebab terbesar penyakit jantung. Lamanya waktu yang direkomendasikan untuk tidur bagi orang dewasa adalah tujuh hingga Sembilan jam, dan dan gagal melakukannya dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang serius selain hanya menguap terus-menerus. Tetapkan jadwal tidur untuk diri Anda sendiri dan usahakan untuk mematuhinya. Jika Anda masih merasa lelah setelah istirahat malam penuh, konsultasikan dengan dokter Anda untuk evaluasi lebih lanjut.

– Atur Stres Anda
Stres merupakan bagian yang tak terhindarkan di dalam hidup, karena akan ada situasi yang mana bisa menyebabkan kita cemas atau jengkel. Jika Anda memiliki gaya hidup yang penuh tekanan, carilah cara untuk mengurangi itu dengan melakukan aktivitas tertentu seprti meditasi, olahraga, atau mendengarkan musik.

– Periksa kesehatan secara teratur
Penyakit jantung sering disebut sebagai “silent killer” karena biasanya penyakit jantung tidak akan muncul sampai terlambat. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan rutin untuk tekanan darah, kolesterol, dan diabetes, terutama jika Anda memiliki riwayat penyakit ini dalam keluarga. Dengan membuat usaha untuk menjaga jantung Anda sehat, Anda akan dapat hidup bahagagia dan mengisi hidup tanpa kekhawatiran penyakint yang mengancam dan mengganggu kehidupan sehari-hari Anda.

Bulan Ini

Minggu Ini