Kenali 4 Gejala Diabetes Ini Sebelum Terlambat!

Penyakit diabetes merupakan penyakit gangguan pada fungsi pankreas yang menyebabkan gagalnya memproduksi insulin dalam tubuh. Akibatnya gula darah dalam tubuh terus meningkat. Gejala-gejala penyakit Diabetes memang jarang sekali diketahui, bahkan orang yang terkena pertama kali sering tak menyadarinya.

Oleh karena itu, banyak orang baru menyadari adanya Diabetes ketika telah mengalami komplikasi. Bahkan 1 dari 3 orang yang terkena penyakit Diabetes tidak menyadari bahwa ia telah mengidap penyakit Diabetes. Diabetes terbagi menjadi dua jenis, yakni diabetes tipe 1 dan 2. Keduanya memiliki gejala yang berbeda. Namun, keduanya memiliki gejala awal yang sama, seperti berikut;

1. Mudah Lapar
Tubuh mengubah makanan yang kita konsumsi menjadi glukosa yang digunakan sel untuk energi. Namun, sel-sel tubuh membutuhkan insulin untuk memanfaatkan glukosa. Jika tubuh tidak menghasilkan cukup insulin, glukosa tidak dapat diubah oleh sel menjadi energi sehingga kita mudah merasa lapar dan lelah.

2. Sering merasa haus dan buang air kecil
Manusia rata-rata buang air kecil antara empat hingga tujuh kali dalam 24 jam. Namun, penderita Diabetes seringkali buang air kecil lebih dari jumlah tersebut. Hal ini terjadi karena ginjal tidak bisa menyerap glukosa sehingga produksi urin meningkat. Hal tersebut juga membuat kita membutuhkan cairan lebih banyak sehingga sering merasa haus.

3. Mulut kering dan gatal
Pada penderita Diabetes, cairan dalam tubuh lebih banyak digunakan untuk diubah menjadi urin. Akibatnya, kelembapan tubuh berkurang sehingga kita bisa mengalami dehidrasi serta mulut terasa kering dan gatal.

4. Penglihatan kabur
Perubahan kadar cairan dalam tubuh bisa membuat lensa mata membengkak. Akibatnya, mata tidak bisa lagi fokus dan penglihatan menjadi kabur. Jika anda merasakan adanya gejala-gejala Diabetes, segera hubungi dokter. Semakin dini kondisi Diabetes diketahui, semakin efektif juga pengobatan yang dilakukan. Namun, jika anda sudah terdiagnosis mengidap Diabetes, anda tetap perlu melakukan tindak lanjut medis dalam jangka panjang.

Bulan Ini

Minggu Ini