Jantung yang Sehat Membuat Tubuh Jadi Kuat

Serangan jantung bisa menyerang siapa pun, dari kalangan usia lanjut hingga usia produktif. Anda yang tak memiliki riwayat keturunan penyakit jantung pun bisa mengalaminya. Kesehatan jantung sangat penting. Jantung yang sehat, akan mebuat tubuh pun semakin kuat dalam beraktivitas. Nah, cara untuk mencegahnya adalah dengan rajin berolahraga. 

Beberapa hasil riset menyebutkan bahwa  semakin rajinnya berolahraga risiko penyakit jantung koroner ikut berkurang. Berolahraga bagus bagi orang, yang tak punya riwayat keturunan penyakit jantung, untuk mencegah penyakit itu.

Anda bisa mulai berolahraga selama 30 menit sehari minimal 5 hari dalam seminggu.Berbagai macam olahraga bisa dilakukan seperti berjalan kaki, jogging, naik sepeda, berenang, yoga atau bahkan tinju. Selain olahraga di atas, Anda juga bisa melakukan olahraga lain untuk mencegah penyakit  jantung. Saat Anda akan memulai berolahraga, Anda perlu memeperhatikan beberapa hal. Anda harus mengetahui apa yang ingin Anda lakukan dan bagaimana kondisi Anda. Kenali olahraga apa yang sekiranya paling cocok untuk diri Anda. Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui olahraga apa yang sesuai dan cocok untuk dilakukan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Kemudian, tentukan target yang ingin Anda raih dengan melakukan latihan ini. Anda dapat memasang target untuk menambah stamina tubuh, misalnya dengan berlari.

Olahraga Kardio
Ada beberapa latihan yang dianjurkan untuk menyehatkan dan melatih kerja jantung, misalnya berlari, jogging, dan bersepeda. Jika olahraga tersebut masih terasa sulit, coba untuk melakukan latihan kardio yang lebih ringan seperti berjalan dan berenang.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu melakukan stretching setelah pemanasan atau setelah melakukan latihan. Stretching  sangat penting agar tubuh menjadi lebih fleksibel saat berolahraga.

Bulan Ini

Minggu Ini