Jalan-jalan Sambil Cek Medis di Penang

Salah satu destinasi wisata favorit di Malaysia selain Melaka atau Kuala Lumpur adalah Penang atau Pulau Pinang. Penang ini merupakan salah satu negara bagian Malaysia yang terletak di sebelah barat laut Malaysia. Meski wilayahnya merupakan negara bagian terkecil, Penang selalu menjadi destinasi wisata favorit.

Banyaknya pilihan destinasi wisata yang ditawarkan pulau ini membuatnya banyak dilirik wisatawan asing. Bahkan, warga lokal Malaysia pun banyak yang menyempatkan datang ke pulau ini. Dari wisata perairan hingga pegunungan, pulau Penang memilikinya. Akomodasi di pulau ini pun sudah lengkap. Berbagai hotel dan penginapan dapat dengan mudah ditemui di sini. Selain itu, pulau Penang juga memiliki akses transportasi yang sangat mudah. Kondisi geografis pulau Penang yang dikelilingi perairan membuatnya memiliki pantai sebagai destinasi andalan. Namun, tak sebatas air saja. Pulau ini memiliki sederet tempat yang dapat memanjakan mata dan membuat Anda selalu ingin kembali. Dari bukit yang tinggi hingga kuil dan wisata sejarah semua dapat kamu temui di Pulau Pinang. Tak ada kata bosan untuk berlibur di salah satu negara bagian Malaysia ini.

Berikut 6 daftar destinasi yang dapat menjadi rekomendasi kamu:

Penang Hill

Destinasi utama yang tidak boleh dilewatkan dalam kunjungan kamu di Pulau Pinang adalah Penang Hill. Penang Hill terletak di ketinggian 821 meter di atas permukaan laut. Dari ketinggian ini, kamu akan dapat memanjakan mata dengan suguhan pemandangan apik Pulau Pinang. Udara sejuk dan segar khas pegunungan pun dapat kamu nikmati di sini. Di puncak Penang Hill, kamu bukan hanya akan kenyang dengan pemandangan. Kamu juga dapat mengunjungi taman kupu-kupu, taman bunga, dan juga taman burung mini. Penginapan pun tersedia di sini jika kamu memutuskan untuk bermalam. Untuk menikmati semua kesenangan ini, kamu akan diantar dengan kereta khusus menuju puncak Penang Hill.

Clan Jetties

Etnis Tionghoa merupakan salah satu penduduk yang cukup dominan di pulau ini. Hal ini dibuktikan dengan adanya pemukiman klan Tionghoa di pulau Penang bernama Clan Jetties. Clan Jetties merupakan suatu pemukiman yang sudah berdiri sejak abad ke-19. Yang unik dari pemukiman ini adalah arsitekturnya yang terbuat dari kayu dan terletak di atas perairan. Jika dilihat secara sekilas, bangunan di Clan Jetties ini mirip dengan rumah panggung. Kamu dapat berfoto-foto di sini dengan terlebih dahulu meminta izin kepada pemilik rumah.

Kuil Kek Lok Si

Kek Lok Si merupakan kompleks kuil Buddha yang sangat luas. Kuil ini menyandang gelar kompleks kuil Buddha terbesar se-Asia Tenggara. Selain memiliki arsitektur sangat indah, kuil ini juga memiliki nilai historis tinggi karena sudah dibangun sejak ratusan tahun yang lalu. Di sini, kamu dapat menemukan pagoda 7 tingkat yang diberi nama ‘The Pagoda of 100 Buddhas’.

Pantai Batu Feringghi

Pantai ini terkenal akan pasirnya yang lembut serta berbagai macam olahraga air yang dapat dilakukan di sana. Parasailing dan banana boat hanya sebagian contoh olahraga air yang pantai ini miliki. Di Penang juga ada pasar malam di Batu Feringghi untuk lebih menikmati budaya sekitar.

Yi Bin

Yi Bin merupakan salah satu kedai teh Cina di pulau Penang yang akan menawarkan pengalaman tersendiri buat kamu. Di sini, kamu akan belajar seni membuat, menyajikan, dan menikmati teh. Kamu juga dapat menikmati berbagai varian teh yang dimiliki kedai ini mulai dari teh Oolong, Puerh, hingga Rock.

Setelah puas memanjakan mata dan hati melalui wisata perjalannya di Penang, Anda juga dapat memanjakan tubuh Anda demi kesehatan dengan berwisata medis di Penang. Luasnya Penang sama dengan ½ dari daratan Jakarta. Tapi di sana terdapat terdapat 6 rumah sakit yang sudah berstandar internasional.

Begitu juga dengan tenaga paramedisnya. Dokter-dokternya pun memiliki kualitas internasional pula. Hampir semua dokter spesialis telah menempuh pendidikan/pelatihan/sertifikasi internasional di Singapura, India, Inggris, AS, Australia, Jerman dll. Pemerintah dan RS di Malaysia sangat memanjakan Pasien Indonesia. Fasilitasnya mereka memiliki Malaysia Healthcare Concierge & Lounge (MCL) di Airport Penang, penjemputan gratis di Airport Penang, diskon khusus di hotel yang bekerjasama dengan RS. Serta ada bantuan pengurusan VISA jika berobat lebih dari 30 hari.

Layanan Medis Profesional

Rumah Sakit mau pun Dokter di Penang membangun reputasi dengan layanan profesional:
 Tidak disponsori oleh perusahaan farmasi.
 Tidak menjual/menawarkan obat atau vitamin yang memang tidak diperlukan untuk kesembuhan pasien.
 Tidak merekomendasikan pemeriksaan/test lab yang memang tidak diperlukan. Selain itu, hampir semua dokter bekerja full time di satu RS saja. Jadwal dokter jelas, selalu mulai selesai tepat waktu. Pasien tidak perlu menunggu dokter yang terlambat tiba karena belum selesai praktek di tempat lain.

Berikut 3 Rumah Sakit di Penang yang sudah bertaraf Internasional:
1. Gleneagles Penang
2. Island Hospital
3. Penang Adventist Hospital

Bulan Ini

Minggu Ini