Hari Jantung Dunia, Upaya Sadarkan Masyarakat Pentingnya Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan stroke) adalah penyebab kematian nomor satu di dunia. Penyakit ini telah memakan korban sebanyak 17,3 juta orang setiap tahunnya. Namun, berita baiknya, penyakit jantung sangat mungkin untuk bisa dicegah. Seluruh masyarakat perlu bergerak bersama.

Karena penyakit jantung tergolong penyakit yang mematikan, maka untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap pencegahan penyakit ini, Federasi Jantung Dunia atau World Heart Federation, yang didirikan pada tahun 2000 menetapkan setiap tanggal 29 September selalu diperingati sebagai Hari Jantung Sedunia atau World Heart Day (WHD).

World Heart Federation (WHF) adalah organisasi non-pemerintah yang berbasis di Jenewa, Swiss. Para anggota WHF secara aktif terlibat dalam perayaan untuk menyebarkan informasi kematian dini akibat penyakit jantung. Hari Jantung Sedunia adalah kampanye yang didirikan untuk menyebarkan kesadaran tentang menjaga kesehatan jantung di antara orang-orang di seluruh dunia.

Hari Jantung Sedunia memberi tahu orang-orang di seluruh dunia bahwa penyakit kardiovaskular, termasuk stroke dan penyakit jantung, adalah penyebab utama kematian di dunia yang mengklaim 17,9 juta jiwa setiap tahun. Hari Jantung Sedunia berfokus pada tindakan yang dapat dilakukan setiap orang dalam mencegah dan mengendalikan penyakit jantung dan stroke, dengan mengendalikan faktor-faktor risiko seperti diet yang tidak sehat, aktivitas fisik, dll. 

Saat ini hamper 80 persen kematian dini akibat penyakit jantung dan stroke. Penyakit kardiovaskular ini menyumbang hampir setengah dari semua kematian akibat penyakit tidak menular, menjadikannya penyebab nomor satu kematian secara global. Pada Mei 2012, para pemimpin dunia berencana untuk mengurangi kematian global dari penyakit tidak menular sebesar 25 persen pada 2025. Kematian yang disebabkan oleh  penyakit jantung diperkirakan akan terus meningkat mencapai 23,3 juta jiwa pada tahun 2030.

Bulan Ini

Minggu Ini