Durian Bisa Turunkan Kadar Gula Darah, tapi Ada Aturannya!

Bagi sebagian orang buah durian sangat tidak disukai, khususnya dengan aromanya. Namun, tahukah Anda jika buah durian memiliki berbagai macam manfaat, khususnya untuk penurunan gula darah. Namun, dikonsumsi dengan cara yang benar tentunya.

Durian mempunyai kemampuan antidiabetik dengan adanya senyawa bioaktif dalam buah. Dalam sebuah studi disebutkan bahwa buah durian terbukti meningkatkan Homeostasis Glukosa dengan mengubah sekresi insulin dan aksinya pada 10 pasien 10 diabetes. Mereka mengkonsumsi buah dan mengalami peningkatan kadar insulin yang signifikan sehingga gula darah stabil.

Manfaat durian memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah daripada banyak buah tropis lainnya. Semakin kecil angka indeks glikemik, semakin sedikit dampak makanan pada gula darah. Durian juga mengandung mangan yang cukup untuk membantu dalam pengaturan dan pemeliharaan kadar gula darah.

Meskipun penderita diabetes dibolehkan untuk memakan buah durian, Anda harus tetap waspada. Karena durian mengandung banyak karbohidrat. Karbohidrat adalah salah satu unsur yang mudah mengikat gula, ditambah lagi tingginya kalori dan yang dimilikinya. Pada setiap 100 gram durian tanpa biji, terdapat 200-250 kalori.
Namun, bagi penderita diabetes mengidam-ngidamkan ‘Si Raja Buah’ ini, Anda boleh mengkonsumsinya asalkan dengan aturan yang sesuai. Jika para penderita diabetes ini ingin sekali memakan durian, maka sebelumnya harus menyiapkan dahulu sayuran mentah sebanyak 200 gram, satu buah mentimun, dan satu buah tomat yang besar.

Hal ini dilakukan agar saat mengkonsumsi buah durian tidak dengan porsi yang besar, dan perut sudah kenyang terlebih dahulu karena memakan sayur-sayuran tadi. Selain itu, mengkonsumsi sayuran yang banyak sebelum memakan durian, untuk menghambat penyerapan gula dari buah durian di dalam tubuh.

Bulan Ini

Minggu Ini