Diabetes pada Anak Bisa Terjadi, Pelajari Cara Pencegahannya

Diabetes pada anak bisa terjadi akibat terjadinya gangguan fungsi pankreas, sehingga tubuh tidak memiliki insulin dalam jumlah yang cukup. Biasanya Diabetes yang dialami anak adalah Diabetes tipe satu. Diabetes tipe satu juga dikenal dengan Diabetes juvenil atau insulin dependent diabetes mellitus (IDDM).

Sistem kekebalan tubuh yang salah dalam melawan ancaman merupakan penyebab dari penyakit yang satu ini. Sistem kekebalan tubuh pada anak penderita Diabetes tipe satu menghancurkan sel penghasil insulin di pankreas.

Kemampuan pankreas anak dalam menghasilkan insulin berkurang. Sehingga gula darah banyak menumpuk dalam aliran darah anak dan menyebabkan kadar gula darah anak naik. Diabetes pada anak ini juga terjadi karena genetika atau keturunan dari orang tua. Diabetes tipe 1 tidak dapat dicegah dan siapapun dapat mengalaminya.

Diabetes pada anak pada umumnya terjadi di rentang usia 7 hingga 12 tahun, meskipun bisa juga terjadi pada usia berapa pun, dari bayi hingga dewasa. Anak dengan Diabetes tipe satu juga sangat bergantung pada insulin dari luar yang dimasukkan ke dalam tubuh setiap hari. Hal ini untuk mengontrol kadar gula darah.

Oleh karena itu perlu diketahui oleh para orang tua agar bisa mencegah Diabetes pada anak. Berikut beberapa cara pencegahannya;

Jaga Berat Badan Anak
Beberapa orang tua kerap membiarkan anaknya makan apa saja karena sedang ada pada fase pertumbuhan. Namun, jika dibiarkan makan sembarangan, obesitas bisa saja terjadi dan memicu gangguan yang lebih besar, salah satunya adalah Diabetes. Atur pola makan anak setiap hari dan pastikan mereka mendapatkan gizi yang seimbang.

Edukasi Anak Terkait Kondisinya
Salah satu faktor penyakit Diabetes adalah gen atau keturunan. Namun di sisi lain, sebagai orang tua tentunya kita tidak ingin menurunkan penyakit tersebut kepada anak-anak. Beri edukasi pada anak tentang apa yang terjadi pada dirinya dengan bahasa yang mudah dimengerti. Selanjutnya minta mereka untuk tidak makan sembarangan.

Bawa Bekal Makanan
Jika anak sudah mulai masuk usia sekolah seperti TK atau SD, bawakan mereka bekal yang sehat. Minta mereka untuk hanya makan itu daripada jajan sembarangan.

Tingkatkan Aktivitas Anak
Salah satu pemicu obesitas selain makanan yang dikonsumsi adalah aktivitas yang sangat rendah. Biasanya anak-anak cenderung aktif dalam melakukan apa pun. Namun, pada kondisi tertentu anak jadi malas melakukan olahraga. Ditambah jika anak sudah kecanduan dengan gadget, yang mereka lakukan hanyalah rebahan dan berkutat dengan gadget-nya.

Lakukan Pengecekan Sebelum Puber
Sebelum usia itu kondisi anak harus dijaga dengan baik dan dicek kesehatannya secara rutin. Dokter akan memberikan saran bagaimana menjalani gaya hidup untuk mencegah Diabetes.

Biasakan Gaya Hidup Sehat
Kalau orang tua tidak bisa mencontohkan aktivitas yang sehat, anak juga akan enggan melakukannya juga.

Berikan Makanan yang Dimasak Sendiri
Dengan memasak sendiri dan diberikan pada seluruh keluarga, kemungkinan mengonsumsi kuliner yang tidak sesuai dengan kebutuhan akan rendah. Misalnya tidak memakai gula dan karbohidrat sederhana terlalu banyak.

Bulan Ini

Minggu Ini