Di Masa Pandemi, Layanan Konsultasi Virtual Dokter Jadi Andalan

Pandemi COVID-19 yang terjadi selama setahun ini membuat semua lini dan kebiasaan hidup masyarakat berubah. Pertemuan tatap muka kini dialihkan menjadi pertemuan virtual atau online. Hal ini dilakukan demi mengurangi penyebaran virus COVID-19 lebih luas lagi. Meski di masa pandemi ini layanan rumah sakit tetap buka, tapi difokuskan terhadap penanganan kasus COVID-19 yang terus meningkat jumlahnya. Sedangkan untuk penanganan penyakit lain masih bisa dilakukan meski dengan protokol kesehatan yang ketat saat datang ke rumah sakit ataupun klinik.

Maka dari itu saat ini sudah mulai bermunculan aplikasi layanan konsultasi dokter secara virtual atau online. Konsultasi dokter secara virtual ini dilakukan untuk memudahkan pasien mendapatkan saran dan pemeriksaan secara jarak jauh. Pasien bisa mengkonsultasikan keluhan penyakitnya melalui chat ataupun video call dari aplikasi tertentu. Kemudian, dari keluhan-keluhan yang telah disampaikan tersebut, dokter akan memberikan resep sebagai obat pencegahan untuk pertama kali.

Konsultasi dokter secara virtual ini dilakukan bagi pasien-pasien yang mengeluh terhadap beberapa penyakit ringan saja. Namun, untuk penyakit-penyakit tertentu yang butuh penanganan lebih lanjut, konsultasi secara virtual tidak memungkinan dilakukan. Sebab, dokter harus memeriksa bagian tubuh yang sakit atau yang terganggu oleh penyakit tertentu.

Adanya layanan untuk bisa konsultasi kesehatan secara online atau virtual ini tentunya mempunyai beberapa kelebihan. Apalagi di saat penyebaran COVID-19 ini, datang ke rumah sakit tentu bukan pilihan yang utama jika Anda mengalami gejala penyakit yang masih bisa ditangani sendiri di rumah. Berikut adalah kelebihan-kelebihan dari konsultasi secara virtual tersebut.

Berikut adalah kelebihan-kelebihan dari konsultasi secara virtual tersebut.

1. Adanya Akses dengan Dokter Di mana Saja dan Kapan Saja
Anda cukup mengunjungi website ataupun mengunduh aplikasi telemedicine atau konsultasi dokter secara virtual yang tersedia di aplikasi. Jadi, saat Anda merasakan gejala sakit, Anda bisa memilih dokter dan berkonsultasi secara langsung tanpa harus pergi ke rumah sakit terlebih Dengan begitu, Anda menjadi lebih aman dalam berobat tanpa harus takut tertular virus corona.

2. Dapat Mengetahui Pertolongan Pertama Ketika Sakit
Konsultasi secara online memang bukan untuk menggantikan pemeriksaan secara fisik. Namun, ini bisa menjadi pertolongan pertama pasien, meski hasilnya hanya diagnosis awal serta rekomendasi obat. Jika memang diperlukan untuk diagnosis pasti, bisa melakukan pemeriksaan fisik di faskes terdekat.

3. Rujukan Online
Adanya layanan ini memungkinkan untuk Anda berbicara dan berkonsultasi dengan dokter umum maupun dokter spesialis. Jika awalnya Anda memulai konsultasi dengan dokter umum di kondisi yang tertentu, Anda mungkin saja akan dirujuk pada spesialis yang berkaitan sehingga tidak perlu bingung untuk memilih dokter yang tepat guna menangani keluhan yang terjadi pada Anda.

4. Membuat Janji Temu Lebih Mudah
Adanya ini membuat Anda bisa melakukan appointment dengan dokter tanpa harus menunggu lama di rumah sakit. Anda hanya perlu menentukan dokter, faskes serta jadwal kunjungan, lalu Anda bisa datang sesuai dengan jadwal tanpa perlu antre.

Bulan Ini

Minggu Ini