Cara Hidup Sehat Bagi Pengidap Diabetes

Diabetes melitus adalah penyakit kronis yang mengganggu kemampuan tubuh mengolah gula darah menjadi energi. Semua jenis penyakit Diabetes, baik itu diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, maupun Diabetes Gestasional memiliki efek serius pada tubuh.

Oleh karena itu, Pasien diabetes harus lebih disiplin dalam mengatur kadar gula darah. Kuncinya adalah membatasi pola makan dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Namun, praktiknya tak semudah membalikan telapak tangan.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Komite Dokter yang tergabung dalam Physicians Committee for Responsible Medicine di Washington, Amerika Serikat. Gula darah, berat badan dan kadar kolesterol penderita Diabetes dapat diturunkan dengan mengadopsi berbagai langkah pencegahan.

Beberapa penelitian juga telah mengklaim bahwa melakukan diet juga efektif untuk mengatur gula darah. Hal ini pun menunjukkan hasil yang nyata. Pola makan protein nabati bermanfaat untuk mengobati Diabetes, terutama diabetes tipe 2 karena dapat membantu mengurangi lemak di dalam sel. Pola makan nabati juga bermanfaat bagi berat badan, kontrol lipid, kontrol glikemik, dan tekanan darah. Sehingga, pada gilirannya, membantu dalam mengembangkan resistensi dan sensitivitas insulin.

Pola Makan Sehat
Untuk mengendalikan Diabetes, penting untuk mengikuti diet sehat dan mengonsumsi karbohidrat, serat, ikan kaya omega 3 dan lemak baik. Karbohidrat kompleks perlahan-lahan diserap ke dalam tubuh, menghindari lonjakan kadar gula darah. Fokuslah pada biji-bijian utuh, sayuran dan buah-buahan yang akan meminimalkan risiko Diabetes mellitus. Serat membantu mencerna makanan dan membantu mengendalikan kadar gula darah. Konsumsilah makanan yang memiliki kandungan serat tinggi, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran dan gandum, serta hindari minuman manis.

Hitung Porsi Karbohidrat
Kunci untuk mempertahankan manajemen Diabetes adalah mempelajari cara menghitung karbohidrat. Karbohidrat sering berdampak pada kadar gula darah. Bagi orang-orang yang harus disuntik insulin, penting untuk mengetahui jumlah karbohidrat dalam makanan.

Pastikan Makanan Seimbang
Keseimbangan makanan penting untuk menjaga kadar insulin. Rencanakan setiap kali makan dengan campuran buah-buahan, sayuran, protein dan lemak sehat yang baik. Penting sekali untuk memperhatikan jenis karbohidrat yang dipilih. Beberapa karbohidrat seperti sayuran, biji-bijian dan buah-buahan mengandung karbohidrat rendah dan serat yang membantu menjaga kadar gula darah lebih stabil.

Olahraga
Aktivitas fisik adalah perubahan gaya hidup penting lainnya untuk diadopsi ke dalam rencana manajemen diabetes. Saat mulai berolahraga, otot menggunakan gula untuk energi, sehingga membantu tubuh menggunakan insulin lebih efisien. Olahraga yang ringan untuk penderita Diabetes adalah jalan kaki, berlari kecil, atau melakukan pekerjaan rumah tangga dan berkebun.

Berhenti Merokok
Merokok bisa sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama dalam kasus orang yang menderita Diabetes tipe 2. Ini juga dapat meningkatkan peluang untuk mengalami masalah kesehatan seperti penyakit jantung, penyakit mata, stroke dan penyakit ginjal.

Periksakan Kaki Anda
Peningkatan kadar gula darah dapat merusak saraf di kaki yang pada akhirnya membuat seseorang tidak dapat merasakan sakit pada kaki atau cedera lainnya. Lebih baik memulai dengan pemeriksaan kaki setiap hari, karena akan membantu memahami lonjakan gula darah.

Hindari Alkohol
Mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak terlalu tinggi, membuat kondisi semakin buruk. Artinya, alkohol dapat menyebabkan komplikasi.

Pemeriksaan Rutin
Berkonsultasi dengan ahli gizi dapat membantu membuat rencana makan sesuai dengan usia, berat badan, dan obat-obatan. Temui ahli gizi, setidaknya dua kali setahun.

Bulan Ini

Minggu Ini