Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Buah Naga?

Buah Naga adalah salah satu jenis buah yang paling sering kita temui. Olah buah naga pun beragam mulai dari jus hingga sop buah. Buah naga pun sangat enak dimakan secara langsung. Buah naga baik merah maupun putih memiliki rasa manis yang khas. Bijinya yang kecil-kecil dan renyah, serta kandungan air yang banyak membuat buah tropis ini enak dikonsumsi sebagai pelepas dahaga.

Namun, ada kekhawatiran tersendiri bagi orang yang memiliki gula darah tinggi atau pun orang yang menderita penyakit Diabetes. Rasanya yang manis dikhawatirkan memiliki jumlah kandungan gula yang tinggi. Sehingga akan rentan sekali bagi orang yang diabetes untuk memakannya.

Namun, sebenarnya baik mereka yang memiliki kadar gula darah tinggi atau istilahnya prediabetes maupun yang telah menderita Diabetes, sah-sah saja kalau ingin makan buah naga. Penelitian mengenai efek buah naga pada prediabetes dan penderita Diabetes tipe 2 juga telah dilakukan di Thailand. Penelitian pada tahun 2017 tersebut melibatkan 28-52 peserta yang terbagi menjadi empat kelompok secara acak. Pengobatan menggunakan buah naga tersebut dilakukan dengan durasi 10 hari, 15 hari dan 4 minggu.

Hasilnya penurunan kadar glukosa plasma puasa (FPG) pada peserta yang tergolong prediabetes. Sementara, peserta yang menderita Diabetes tipe 2 tak mengalami perubahan apa pun pada FPG dan glukosa post-prandial dua jam (2HPP)-nya.

Dapat disimpulkan bahwa manfaat buah naga dalam mengontrol kadar gula darah pada penderita Diabetes hasilnya masih beragam. Manfaat yang sudah jelas terasa efeknya sejauh ini hanya untuk mereka yang prediabetes. Sedangkan, manfaat buah naga untuk penderita diabetes tipe 2 masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

Diolah Menjadi Dijus
Namun ada juga beberapa pakar yang berpendapat mengkonsumsi buah Naga dengan cara dijus bisa menjadi obat alternatif penyakit Diabetes. Untuk obat Diabetes melitus jenis buah naga yang disarankan untuk dikonsumsi adalah buah naga putih.

Mengutip dari buku berjudul Khasiat Ampuh Buah Naga dan Delima karya Dani Hendarto, buah naga putih mengandung protein, tinggi serat, karoten, kalsium, zat besi, vitamin B dan vitamin C. Karena kandungan itulah buah Naga memiliki khasiat menyeimbangkan gula darah, melancarkan pencernaan, menyembuhkan rematik dan asam urat dan menurunkan kadar kolesterol.

Bulan Ini

Minggu Ini