Bisakah Membuat Resolusi 2021 di Tengah Pandemi?

Tahun 2020 sudah kita akhiri dengan berbagai macam cerita di dalamnya. Kita ketahui semua bahwa sepanjang tahun 2020 dilanda pandemi COVID-19. Di Indonesia virus corona ini mulai ada sejak Maret 2020 yang kemudian tak kunjung berakhir hingga Desember.

Kini sudah memasuki tahun 2021, tapi pandemi masih saja belum berakhir. Tapi segala harapan baik selalu ada di tahun baru. Harapan yang utama adalah segera hilangnya pandemi COVID-19 dari kehidupan kita.

Meski pademi belum juga usai, resolusi tetap Anda bisa buat kok! Berikut beberapa tips yang dibagikan situs Forbes dan Psychology Today untuk membawa Anda menuju tahun 2021 yang positif:

1. Buatlah sebuah rancangan resolusi berjangka pendek
Pandemi mengajarkan bahwa sesuatu yang tidak terduga dapat terjadi di tengah rencana kita yang sudah dibuat sejak jauh-jauh hari. Dengan pandemi yang melanda dunia, masa depan menjadi kurang dapat diprediksi, Jadi, meskipun resolusi ini kemungkinan hanya akan dibutuhkan untuk beberapa bulan, resolusi tersebut menjadi penting untuk menentukan keadaan saat pandemi berakhir.

2. Buatlah resolusi yang bersifat masuk akal
Misalnya, Anda mempunyai target untuk menurunkan berat badan 10 kg, tapi hal itu bisa dilakukan dulu secara bertahap, 7-8 kg dulu di awal. Jika sudah tercapai dan terbiasa hidup sehat maka 2-3 kg sisanya bukan hal yang sulit.

3. Buat resolusi yang terukur
Menjadi lebih sehat atau meningkatkan keuangan adalah tujuan menyeluruh yang bagus.
Misalnya, jika keuangan adalah tujuan Anda, teliti hutang dan prioritas yang ada dan buat rencana terperinci untuk mencapainya.

Buat pencapaian yang konkret misalnya, bekerja dengan perusahaan utilitas untuk melunasi tagihan listrik yang telah lewat, atau membayar jumlah tertentu di atas pembayaran minimum bulanan untuk melunasi tagihan kartu kredit.

4. Tetapkan tujuan yang menyeluruh
Jika Anda mencoba untuk mendapatkan pekerjaan baru, misalnya, langkah-langkahnya dapat mencakup menyiapkan resume, membuat profil di situs media sosial yang dirancang untuk karier dan pencarian pekerjaan, melakukan penelitian di tempat-tempat yang mungkin Anda inginkan untuk bekerja, melakukan pencarian pekerjaan secara aktif, dan lain-lain.

5. Buatlah resolusi sesuai dengan kebiasaan
Cara ampuh lain untuk berhasil merealisasikan resolusi adalah menghubungkan perilaku baru dengan perilaku yang sudah ada. Misalnya, jika resolusinya adalah memperluas pengetahuan, wujudkan dengan membaca buku. Hubungkan kegiatan membaca dengan kebiasaan lain sehari-hari. Seperti menyelingi baca buku saat sedang sarapan.

6. Membangun Akuntabilitas
Buatlah sebuah rancangan dan target untuk tahun depan yang akan membantu untuk bertanggung jawab. Jika resolusi dan targetnya adalah untuk naik jabatan mintalah kolega memberikan semangat dan motivasi untuk meraih target yang telah ditentukan atau mintalah kolega untuk mengingatkan jika usaha untuk meraih target terlalu keras.
Tahun 2020 telah menjadi tahun yang berat, tetapi seluruh bangsa berada di titik puncak perubahan. Bersikap baiklah kepada diri sendiri.

Tetapkan beberapa tujuan yang realistis. Rayakan pencapaian kecil. Dan gunakan badai harapan vaksin yang sempurna saat ini, serta catatan bersih Tahun Baru untuk mendapatkan momentum memulai 2021 dan mempersiapkan diri pasca-COVID-19.

Bulan Ini

Minggu Ini