Biaya Terjangkau dan Peralatan Canggih, Malaysia Jadi Tujuan Wisata Medis Terfavorit

Ada banyak sekali alasan mengapa Malaysia menjadi tujuan ideal untuk wisata medis. Yang unik dari sektor pariwisata medis di Malaysia adalah bahwa Malaysia merupakan salah satu dari sedikit negara di kawasan yang mempromosikannya oleh pemerintah. Ini memberi wisatawan jaminan kualitas, standar keselamatan dan peraturan (undang-undang tentang perawatan medis) di dalam industri.

Perawatan kesehatan Malaysia menawarkan spesialisasi dalam berbagai disiplin ilmu medis serta melakukan beberapa perawatan paling rumit di seluruh dunia. Saat ini, perawatan medis di Malaysia setara dengan yang terbaik di dunia, di mana inovasi dan keahlian internasional adalah kuncinya.

Banyak spesialis medis terkenal yang bekerja di Malaysia telah dilatih di institusi medis terbaik di dunia. Perawatan dilakukan di fasilitas mutakhir yang dilengkapi untuk memenuhi standar internasional. Terdapat beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh para turis dalam perawatan wisata medis di Malaysia. Perawatan medis di Malaysia harganya sangat terjangkau. Biaya perawatan sedikit di Malaysia, terutama bila asuransi kesehatan Anda mengganti biaya perawatan secara penuh atau sebagian.

Selain itu, Malaysia memiliki hotel dan resort yang luar biasa, dekat dengan banyak tempat wisata. Ini adalah tempat yang tepat untuk melepas lelah dan memulihkan diri setelah perawatan. Di Malaysia, penyedia layanan kesehatan fasih berbahasa Inggris. Selain itu, jika Anda dari Indonesia tak perlu khawatir berkomunikasi dengan tenaga medis, mereka pun fasih berbahasa Melayu, serumpun dengan Bahasa Indonesia. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang kemungkinan kurangnya komunikasi.

Tidak ada kerumitan untuk menjalani perawatan medis di negara ini. Sebagian besar pengunjung atau pasien bisa tinggal di Malaysia selama 90 hari tanpa perlu visa. Rumah Sakit atau fasilitas kesehatan lainnya di Malaysia hampir tidak memiliki antrean, tidak seperti banyak negara Barat.

Malaysia juga merupakan tempat yang sangat baik untuk perawatan yang lebih standar, seperti memasang mahkota gigi, pemutihan gigi, perawatan laser pada mata (lasik) dan pengangkatan kutil dan tahi lalat.
Wisata Medis di Malaysia sangat populer. Setiap tahun, ratusan ribu pasien pergi ke negara itu untuk dirawat. Dokter sangat terlatih dan catatan mereka dapat dilihat sebelumnya. Tingkat kualitas perawatan sangat tinggi. Malaysia baru-baru ini terpilih sebagai negara terbaik ke-3 di dunia untuk perawatan medis. Pada 2012, lebih dari 650.000 pelancong mengunjungi negara itu untuk perawatan medis.

Tak heran di awal tahun 2020 Malaysia menduduki peringkat teratas tujuan wisata medis internasional setelah menarik 1,3 juta wisatawan medis tahun lalu. Chief Executive Malaysia Healthcare Travel Council Sherene Azli mengatakan International Medical Travel Journal yang berbasis di Inggris telah menempatkan Malaysia sebagai tujuan teratas dalam hal volume pelancong medis yang masuk selama tiga tahun berturut-turut.

Dia berkata dari permata tersembunyi di sektor pariwisata medis, Malaysia kini telah diakui sebagai keajaiban perawatan kesehatan dunia.

“Bahkan majalah International Living yang berbasis di AS telah mengakui Malaysia sebagai Negara Terbaik di Dunia untuk Perawatan Kesehatan,” katanya dikutip dari The Star.

“Memiliki populasi multibahasa membantu menembus batasan bahasa, karena orang-orang kami dapat berbicara bahasa Melayu, China, India, Arab, dan lainnya,” lanjut Sherene.

Sherene menambahkan bahwa Malaysia telah memproyeksikan menarik RM2 miliar dalam pendapatan pariwisata medis selama Visit Malaysia 2020.

“Kami mengharapkan peningkatan pasien asing yang mencari pengobatan untuk kasus yang lebih besar dan lebih kompleks,” katanya. Ia menambahkan pendapatan pariwisata medis tahun lalu diperkirakan mencapai RM1,7 miliar.

Bulan Ini

Minggu Ini