Berperilaku Bahagia dan Berpikir Positif Membantu Proses Penyembuhan Kanker

Ada beberapa faktor dimana para penyintas kanker bisa bertahan dan bahkan sembuh dari apa yang dialaminya. Faktor tersebut bersifat psikologi, yakni perasaan bahagia dan tanpa beban serta berpikiran positif saat mengidap penyakit ganas tersebut. Bahkan, perasaan bahagia mampu membantu proses penyembuhan kanker. Sebab di dalam tubuh tumbuh hormone-hormon antioksidan dalam kondisi tersebut.

Sikap bahagia dan berpikiran positif juga merupakan salah satu cara agar obat yang dikonsumsi mampu bekerja maksimal, jika tidak tentu akan terjadi depresi sehingga tidak mendukung proses penyembuhan. Hal yang terberat sebagai pasien kanker bukanlah sisi penyakit yang dideritanya, melainkan depresi dan ketidakmampuan mengendalikan psikologis saat berjuang untuk sembuh.

Kanker adalah penyakit dengan beragam pemicu, misalnya inflamasi yang disebabkan oleh infeksi ataupun polusi. Jenis polusi ini bisa dari luar, bisa juga dari pikiran kita sendiri. Kanker termasuk dalam kategori penyakit unknown disease atau pemicunya sulit diprediksi dan tak selalu sama.

Para peneliti dari The Ohio State University Comprehensive Cancer Center mengatakan bahwa pasien yang memiliki masalah psikososial, seperti kecemasan, depresi, optimisme rendah, memiliki risiko tinggi untuk kembali dan tinggal lebih lama di rumah sakit, dibandingkan dengan mereka yang memiliki kesehatan mental yang lebih baik.

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa beberapa pasien kanker dengan depresi mengalami hasil pengobatan yang lebih buruk. Itu sebabnya, rumah sakit perlu juga mengetahui dan menyaring pasien pasien apakah mereka menderita depresi dan kecemasan pada awal pengobatan kanker.

Ini adalah upaya untuk memberikan terapi khusus pada pasien depresi dan untuk meningkatkan hasil pengobatan. Meski sudah ada beberapa petunjuk, tetapi penelitian belum definitif mengatakan bahwa pasien kanker yang memiliki masalah kesehatan mental pasti akan mengalami hasil pengobatan yang negatif. Untuk siapa pun yang akan menjalani pengobatan kanker, seberapa baik mereka mengurus diri sendiri memainkan peran besar dalam menentukan hasil pengobatan.

Bulan Ini

Minggu Ini