Bedanya Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Hand Sanitizer

Salah satu cara mencegah penularan virus terutama COVID-19 paling sederhana dan mudah adalah dengan mencuci tangan. Namun, saat COVID-19 mulai merebak, masyarakat melakukan dua cara mencuci tangan, yakni dengan air mengalir dan sabun serta hand sanitizer.

Cara kedua memang mudah dan bisa dilakukan kapan saja di mana saja. Karena hand sanitizer bisa didapat di mana-mana. Sementara untuk mencuci tangan diperlukan keran dan air mengalir serta sabun.

Cara ini biasanya dilakukan di rumah saja. Jika pun di tempat umum, harus disediakan tempat cuci tangan khusus di tempat – tempat tertentu. Sedangkan hand sanitizer cukup menyemprotkan atau mengoleskan sedikit saja di telapak tangan dan diusapkan di seluruh permukaan tangan.

Namun, lebih bersih yang mana cuci tangan pakai sabun dan air atau cukup dengan hand sanitizer?

Beberapa penelitian menunjukkan mencuci tangan dengan sabun ternyata lebih efektif daripada menggunakan hand sanitizer. Namun, sifat praktis hand sanitizer ini jadi daya tarik masyarakat untuk membeli.

Centers of Disease Control and Prevention (CDC) menjelaskan mencuci tangan akan membunuh jumlah kuman di tangan. Sabun dan air lebih efektif daripada hand sanitizer, terutama ketika tangan terlihat berminyak atau kotor.

Hand sanitizer tidak akan membersihkan secara efektif pada saat setelah berolahraga atau makan di mana tangan berminyak dan kotor. Menggunakan sabun jauh lebih efektif daripada dengan air biasa karena sabun mengandung surfaktan, yaitu zat yang mengangkat minyak dan mikroba dari kulit.

 

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir juga dianjurkan pemerintah Malaysia kepada warganya. Hal ini sebagai bagian dari Standar Operasional Prosedur di masa Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) dan PKP Pemulihan. Ada 3 anjuran pemerintah Malaysia kepada warganya yakni, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, memakai masker dan patuh peringatan pemerintah lainnya seperti hindari berjabat tangan, hindari kerumunan dan berjarak saat berinteraksi dengan orang lain.

Bulan Ini

Minggu Ini