Bangun Chemistry Anak dan Orang Tua dengan Berolahraga Bersama

Mendekatan hubungan anak dengan orang tua tak hanya bisa dilakukan di rumah, seperti membantu anak mengerjakan PR, menemani anak bermain dengan mainannya, menceritakan hingga menceritakan dongeng sebelum tidur. Agar hubungan orang tua dengan anak semakin erat, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan. Misalnya berolahraga bersama.

Selain mendekatkan orang tua dengan anak, berolahraga juga dapat menyehatkan tubuh, baik anak dan orang tua. Ada beberapa macam olahraga yang bisa dilakukan orang tua bersama anak. Tentunya dilakukan untuk menyenangkan hati sang anak, dan melatih syaraf motorik anak juga. Berikut beberapa jenis olahraga yang baik dilakukan bersama anak;

Lari Pagi
Mengawali akhir pekan dengan berlari tidak hanya dapat menyehatkan fisik Anda, tetapi juga bisa menyehatkan hubunganmu dengan sang buah hati. Kegiatan-kegiatan kecil seperti ini tentunya sangat bermanfaat untuk merekatkan hubungan antara orang tua dengan anak. Apalagi jika Anda adalah orang tua karir yang harus bekerja lima hari dalam seminggu, pastinya waktu bertemu dengan anak sangat terbatas. Jadikanlah waktu bersama anak lebih berkualitas dengan kegiatan berlari bersama.

Membiasakan si kecil untuk berlari adalah solusi untuk menghentikan kencanduannya terhadap penggunaan gadget. Kehadiran gadget pada zaman sekarang juga menjadi penyebab anak-anak semakin malas melakukan aktivitas fisik.

Berlari merupakan salah satu hobi yang paling murah untuk dilakukan. Kamu hanya memerlukan sepasang sepatu dan trek lari untuk ditaklukan bersama-sama. Tidak usah jauh-jauh, untuk mengawali kebiasaan lari, bisa menyusuri trek lokal dekat rumah, di sekolah, taman, atau lapangan sepak bola.

Jalan Pagi
Jika Anda ingin melakukan aktivitas fisik yang lebih santai sambil ngobrol dengan sang buah hati, disarankan untuk rutin melakukan jalan pagi setiap akhir pekan. Kenapa harus jalan pagi? Sebab, jalan pagi merupakan aktivitas fisik tersimpel yang memiliki segudang manfaat. Saat kondisi tubuh masih dalam keadaan bugar, bertemu dengan sinar matahari yang menyehatkan, ditambah dengan udara yang masih relatif bersih dari polusi, berjalan kaki selama 30-60 menit cukup untuk membakar kalori, membuat pikiran kembali segar, membuat tubuh bugar, dan tubuh semakin bugar. Belum lagi, karena sepanjang jalan kamu bisa dengan leluasa mengobrol dengan si kecil, tentu chemistry antara orang tua dan anak akan terbangun semakin kuat.

Kamu bisa memboyong keluarga jalan pagi di jalan utama pada saat Car-Free Day sambil mengajak jalan hewan peliharaan. Nah, untuk Anda yang suka tantangan, cobalah untuk merasakan sensasi olahraga hiking atau berjalan menyusuri rute alam. Meskipun belum terlalu populer di Indonesia, hiking merupakan olahraga yang cukup digandrungi di Amerika Serikat.

Hiking bisa menjadi alternatif kegiatan yang bisa dilakukan pada saat libur panjang. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa diajak melakukan kegiatan ini, asalkan harus ada persiapan yang matang.
Untuk akhir pekan, disarankan untuk memilih trek yang tidak terlalu ekstrem dan tidak membutuhkan waktu yang relatif lama. Misalnya, menyusuri kebun teh atau menyusuri tepian sungai, atau bukit yang tidak terlalu tinggi. Pokoknya, yang penting adalah ciptakan suasana fun selama hiking dan bukan malah membuat mereka merasa terbebani.

Bersepeda
Sama seperti jogging, bersepeda juga dapat dilakukan di daerah sekitar rumah. Bersepeda termasuk ke dalam salah satu olahraga ringan yang menyenangkan karena dinikmati oleh semua anggota keluarga. Oleh karena itu, interaksi antar anggota keluarga juga dapat terjalin lebih erat. Bersepeda juga merupakan aktivitas yang menyehatkan. Selain membuat tubuh menjadi lebih bugar, gerakan mengayuh sepeda dapat mengencangkan paha, otot betis, dan daerah panggul.

Ada beberapa tips sederhana nih yang bisa Anda lakukan sebelum bersepeda. Pertama, cari jalur sepeda di daerah Anda, bisa dengan memanfaatkan akses internet atau bertanya kepada saudara untuk memastikan jalurnya aman. Kedua, karena tujuannya berolahraga, alangkah lebih baik jika kamu mengajak keluarga untuk mengenakan outfit yang nyaman untuk berolahraga. Jangan lupa juga untuk melengkapi cycling kit kamu dengan helm serta pelindung siku dan lutut khusus untuk bersepeda agar tetap aman. Terakhir, membawa air minum. Sebab, setelah lelah mengayuh sepeda pasti tenggorokan terasa haus.

Berenang
Renang adalah kombinasi sempurna antara olahraga dan aktivitas yang menyenangkan. Menurut penelitian, orang-orang cenderung lebih bahagia ketika melakukan olahraga ataupun kunjungan wisata di air daripada di darat. Berenang tentu saja lebih menyenangkan apabila dilakukan bersama keluarga. Orang tua dan anak-anak yang melakukan kegiatan rekreasi yang berbasis air dapat meningkatkan keeratan hubungan dalam keluarga tersebut. Anda bisa mengajak keluarga berenang di klub olahraga renang yang dekat tempat tinggal. Atau bisa mengunjungi waterpark berisi ragam wahana yang bisa dinikmati keluarga seperti perosotan, wahana kolam arus, kolam ombak dan masih banyak lagi.

Bermain Bola
Apapun jenis permainan bola, anak-anak pasti menyukainya. Bentuknya yang bulat dan mudah menggelinding, membuat anak-anak tidak bosan untuk memainkannya. Bermain bola bisa dilakukan kapan saja dan dengan siapa saja, termasuk saat libur akhir pekan bersama keluarga. Anda bisa melakukannya di rumah atau di wilayah sekitar rumah.
Ada beberapa jenis bola yang bisa dimainkan oleh keluarga. Misalnya bola kecil seperti tenis, tenis meja ataupun kasti. Sedangkan bola besar, seperti permainan olahraga bola voli, sepak bola maupun basket.

Bulan Ini

Minggu Ini