Ada Mee Bandung di Malaysia Lho!

Mendengar nama Bandung sudah pasti pikiran Anda tertuju ke ibu kota Jawa Barat. Tapi jangan salah, ternyata di Malaysia ada kuliner khas Johor bernama Mee Bandung. Secara ejaan memang berbeda dengan Mie Bandung, tapi konon ada peran orang Bandung dalam penamaan mie ini.

Menurut cerita dari berbagai sumber, bahwa kuliner ini sejatinya sudah sangat lama. Ini merupakan salah satu kuliner melayu. Tapi pada saat itu belum ada namanya. Dan saat ada rombongan wisatawan dari Bandung yang mencicipi hidangan itu kemudian nama itu menjadi Mee Bandung, untuk menghormati para tamu dari Bandung. Penamaan Mee Bandung pengucapannya sama dengan Mie Bandung.

Mee Bandung bukan hanya berbeda ejaan. Bahan dasar meskipun sama yakni mie, namun sebagaimana mie dari Melayu, ada ikan, potongan daging, udang kering, dan juga sayuran dalam sajiannya.

Makanan ini adalah masakan yang awalnya hanya terdiri dari mie dan telur disamping sup yang terbuat dari campuran cabai, bawang, rempah-rempah, terasi dan udang kering. Kemudian, resep Mee bandung telah ditingkatkan dengan penambahan udang, daging, fish cake dan sayuran. Meskipun Mee bandung sekarang tersedia secara nasional di seluruh Malaysia, salah satu yang disajikan di kampung halamannya sendiri di Muar masih dianggap yang terbaik dan paling lezat.

Rasa kaldu dan udang memang membentuk cita rasa tersendiri. Aroma rempah dengan tampilan kuah kemerahan seperti menyiratkan sensasi rasa gurih manis dan pedas yang berpadu. Yang menjadi pembeda dengan jenis mie lainnya adalah penggunan kuah kacang. Kuliner Melayu ini bisa jadi memang serumpun. Meskipun namanya Mee Bandung, namun tampilannya lebih menyerupai rendang. Campuran gilingan kacang tanah di dalamnya, membuat kuah Mie Bandung lebih kental dan buat rindu untuk disantap.

Bulan Ini

Minggu Ini