7 Kuliner Khas Malaysia dengan Resep Turun Temurun

Melancong ke jiran Malaysia yang tidak akan terlewatkan adalah menikmati kuliner – kulienernya yang khas. Apalagi Malaysia terkenal dengan makanan khas Melayunya. Menu atau pun resep yang paling terkenal dan turun temurun selalu dihidangkan di Malaysia adalah Nasi Lemak.

Namun, tahukah Anda ada berbagai macam kuliner khas Malaysia lainnya selain Nasi Lemak yang patut dinikmati ketika berwisata ke sana. Berikut adalah sejumlah kuliner khas Malaysia yang bisa dinikmati:

1. Nasi Kerabu
Hidangan ini cukup unik dari nasi – nasi lainnya. Jika di Indonesia ada nasi kuning, di Malaysia ada Nasi Kerabu yang berwarna biru. Kuliner ini berasal dari Negara Bagian Kelantan. Nasi Kerabu biasa disajikan dengan ikan, lauk pauk ayam goreng, atau daging serta diberikan irisan sayuran mentah seperti kubis, kacang panjang, serta tauge. Warna biru pada Nasi Biru ini berasal dari kelopak Bungan kembang talang yang merupakan resep turun temurun masyarakat di wilayah pesisir timur semenanjung Malaya.

2. Nasi Dagang
Selain Nasi Kerabu, ada juga resep turun temurun khas Malaysia lainnya, yakni Nasi Dagang yang berasal dari Negara Bagian Terengganu atau daerah yang berbatasan dengan Thailand wilayah selatan. Nasi ini berupa campuran beras merah dan putih yang ditanak bersama santan kelapa, dan disajikan bersama lauk kari dan ikan tongkol. Ikan bisa digangi dengan ayam goreng atau daging.

3. Mie Tarik
Tak hanya teh tariknya saja yang terkenal. Di Malaysia ada juga Mie Tarik. Mie Tarik ini resep turun temurun dari warga keturunan Tionghoa yang ada di Malaysia. Mie Tarik ini dibuat dengan adonan yang fresh kemudian dibentuk menjadi sebuah mie. Mie Tarik ini disajikan dengan potongan daging sapi yang empuk serta kuah yang terasa begitu lezat disantap.

4. Sup Bihun Utara
Tak kalah segarnya dengan kuah Mie Tarik, Sup Bihun Utara juga memiliki cita rasa yang lezat dengan rasa kuah yang nikmat. Dibuat menggunakan rempah sup dengan rebusan katu manis, sereh, lengkuas, buah pelaga, buah lawing, bawang putih, bawang merah, cengkih, yang direbus bersama tulang daging yang segar emmbuat aroma supnya begitu menggoda. Sup Bihun Utara ini sangat nikmat jika dihidangkan dengan taburan loba serta sambal merah.

5. Nasi JJ Kak Wok
Resep kuliner ini datang dari Kelantan yang disajikan dengan gulai ayam ditambah ayam goreng yang dipotong kecil-kecil.

6. Nasi Minyak
Biasanya menu ini adalah andalan yang disajikan ketika orang Melayu membuat acara pesta salah satunya pesta pernikahan. Nasi minyak merupakan makanan khas Terengganu yang dimasak dengan rempah-rempah seperti kayu manis, biji buah pelaga, kuntum bunga lawang serta bunga cengkih yang membuat aromanya nikmat.

7. Nasi Lemak
Menu yang satu ini tentunya sangat terkenal dan menjadi makanan khas Malaysia. Nasi Lemak seperti nasi uduk di Indonesia. Untuk menu pelengkapnya pada umumnya Nasi Lemak disajikan bersama telur mata sapi, atau telur rebus, sambal ikan bilis, irisan mentimun, kacang serta lauk seperti ayam goreng.

Bulan Ini

Minggu Ini