5 Street Food yang Wajib Dicoba di Malaysia

Jika Anda bepergian ke Malaysia untuk wisata medis, merasakan kecanggihan dan kenyamanan rasanya pelayanan kesehatan di Malaysia, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa kuliner Malaysia. Khususunya street food atau makanan kaki lima yang ada di Malaysia.

Apa saja street food yang Anda wajib coba ketika datang ke negeri jiran ini? Berikut adalah 5 pilihan street food pilihan di Malaysia;

1. Penang Asam Laksa

Kuliner ini bisa Anda temui di wilayah Penang. Di Penang hidangan mie kuah (laksa) yang sederhana diubah menjadi masakan yang mewah dengan menambahkan asam (dan banyak lagi bumbu yang beraroma. Penang Asam Laksa adalah salah satu makanan yang paling di kenal di sana. Asam Laksa ini terdiri dari bihun kental dan serutan ikan kembung, dibumbui kaldu, serta ada campuran serai, bunga jahe dan daun mint Vietnam yang membuat menggugah selera Anda. Tambahkan hanya satu sendok terasi ke dalam campuran ini dan Anda siap memanjakan diri!

2. Ipoh Hor Fun

Bihun pipih unik ini tidak ditemukan di tempat lain di dunia. Hidangan ini tak hanya memiliki rasa yang enak tetapi juga ada sejarah yang menarik untuk diceritakan. Dibawa ke Malaysia oleh para imigran Tionghoa di Ipoh (di Negara Bagian Perak), mie ini konon mendapatkan cita rasa yang tiada tara dengan menggunakan mata air khusus dari perbukitan kapur di sekitar Ipoh. Bihun disajikan dalam kaldu ayam dan udang yang kaya rasa dengan ayam suwir, udang, jamur, daun bawang, bakso ikan, Hidangan ini juga disebut Kai See Hor Fun, terkadang disajikan dengan cabai pedas dalam kecap.

3. Nasi Kandar

Komunitas India di Malaysia telah menambahkan kekayaan budaya mereka sendiri ke sup kuliner Malaysia, dan di Penang, bentuknya dalam sebuah hidangan khas, yakni nasi kandar. Kata Kandar mengacu pada kuk kayu atau bambu yang dulu digunakan pedagang kaki lima India. Mereka akan menyeimbangkan wadah makanan di setiap ujung kuk, lalu menjual makanan mereka di jalanan dengan membawa barang dagangan mereka. Selain nasi yang tentunya menjadi hal wajib, para pengunjung dapat memilih berbagai macam lauk pauk, seperti: limpa daging sapi, daging sapi, sotong goreng (cumi), ayam goreng, okra, omelet, labu pahit, dan terong. Lauk yang kalian pilih bisa ditumpuk di atas nasi atau disajikan dalam mangkuk kecil secara terpisah.

4. Sate Celup / Lok Lok

Sate ini disajikan setengah matang lalu dicelupkan ke dalam saus kacang yang panas. Jika di Malaka hidangan ini lebih dikenla dengan sate celup sedangkan di Kuala Lumpur disebut Lok lok lebih popular. Penjual Sate celup / lok lok tradisional menawarkan berbagai daging untuk dicelupkan, seperti: kerang, telur puyuh, kulit kacang goreng, bakso, bola ikan, ginjal, dan udang, dan masih banyak lainnya. Jumlah yang harus kalian bayar tergantung berapa tusuk yang kalian habiskan.

5. Hokkien Mee

Masakan Malaysia ini dibawa imigran Hokkien dari provinsi Fujian di China. Hidangan adalah Hokkien mee (juga disebut sebagai har meen di Kuala Lumpur) disajikan dalam berbagai persiapan yang panjang, namun varian Kuala Lumpur / Klang Valley dan Penang adalah yang paling baik dan terkenal di negara ini. Hokkien mee di Kuala Lumpur menggunakan mie kuning telur yang direbus dalam kecap hitam. Hasilnya adalah saus berwarna eboni gelap yang kemudian di lengkapi dengan daging babi, cumi, hati babi, udang, lemak babi, dan choi sum, bersama dengan sedikit sambal
belacan untuk tendangan pedas. Versi Penang dimasak dalam stok udang harum, dengan daging babi, ayam, dan udang segar ditambahkan ke dalam campuran. Sup ini kemudian dihias dengan kue ikan, iga babi, cumi-cumi, daun bawang, udang dan jeruk nipis.

Bulan Ini

Minggu Ini