5 Daya Tarik Malaysia Sebagai Destinasi Liburan Sehat

Malaysia telah diakui sebagai destinasi wisata kesehatan yang unggul di dunia oleh majalah asal Amerika Serikat International Living serta International Medical Travel Journal dari Inggris selama beberapa tahun terakhir ini. Wisata kesehatan Malaysia mampu bersaing di tingkat internasional karena memiliki beragam daya tarik yang memudahkan pengunjung.

Saat ini Malaysia setidaknya memiliki daya tarik yang membuat negara ini semakin populer sebagai destinasi liburan sehat dan wisata medis.

Biaya Terjangkau
Salah satu alasan yang membuat banyak orang melirik Malaysia sebagai destinasi kesehatan adalah biaya yang terjangkau. Dikutip dari Malay Mail Online, biaya operasi transplantasi jantung di Amerika membutuhkan biaya sekitar 7.000-200 ribu dolar Amerika, sedangkan di Malaysia hanya membutuhkan rata-rata biaya 9.000 dolar Amerika pada 2017.

Layanan Kesehatan Berkualitas
Biaya yang murah tak membuat Malaysia berkompromi dengan kualitas layanan kesehatan yang ditawarkan. Malaysia tetap memberikan layanan kesehatan yang prima dan berkualitas kepada para pasien. Beberapa layanan kesehatan unggul yang dimiliki rumah sakit Malaysia adalah layanan kesehatan jantung, kanker dan masalah kesuburan seperti bayi tabung.

Pendampingan Pasien
Pasien asing yang memutuskan untuk berobat ke Malaysia akan mendapatkan pendampingan yang menyeluruh. Sebelum berangkat ke Malaysia, pasien akan didampingi oleh petugas perwakilan Malaysia Healthcare Travel Council di negaranya untuk menyusun rencana berobat. Para petugas ini juga akan memberikan beragam informasi yang mungkin dibutuhkan pasien sebelum berangkat, termasuk mengenai rincian biaya. Setelah berangkat, pasien akan langsung mendapatkan pendampingan sejak pesawat mereka mendarat di Malaysia. Pendamping ini akan menunggu dan membantu pasien turun dari pesawat hingga melalui berbagai proses administrasi di bandara.

Interpreter dan Ramah Muslim
Pasien asing juga tak perlu merasa khawatir dengan kendala bahasa ketika berobat di Malaysia, terutama pasien dari Indonesia. Ada cukup banyak dokter yang bisa berbicara dengan bahasa Indonesia. Sekalipun dokter tak bisa berbahasa Indonesia, pasien bisa mendapatkan dari interpreter secara gratis.

Destinasi Wisata Menarik
Hal lain yang seringkali menarik minat orang-orang untuk berobat di Malaysia adalah adanya beragam destinasi wisata menarik. Hal ini membuat banyak pasien asing yang datang berkunjung dengan dua tujuan sekaligus, yaitu berobat atau memeriksakan kesehatan dan berwisata.

Yazmin Azman, Acting CEO dari Malaysia Healthcare mengatakan pihak Malaysia Healthcare Travel Council bisa membantu memilihkan rumah sakit yang dekat dengan destinasi wisata yang hendak dituju calon pasien. Sebagai contoh, calon pasien yang ingin berlibur ke Penang bisa diarahkan untuk berobat ke rumah sakit yang ada di sekitar Penang.

Bulan Ini

Minggu Ini