18 Jenis Makanan untuk Jantung Tetap Sehat dan Kuat

Penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung bisa dicegah dengan gaya hidup yang sehat seperti
olahraga teratur, tidak merokok, cukup tidur dan berbagai aktivitas sehat lainnya. Selain itu untuk menjaga jantung kita tetap sehat diperlukan asupan makanan yang menunjang kesehatan jantung.

Meski tidak bisa disembuhkan, Anda bisa mencegah komplikasi dengan mengikuti pengobatan dan mengikuti panduan diet jantung. Jika diet jantung tidak diterapkan, pengobatan jadi tidak
efektif. Akibatnya, gejala akan sering kambuh.

Dalam menerapkan diet jantung, yang perlu Anda pahami pertama kali adalah tahu pilihan makanan yang tepat. Jangan bingung, berikut ini ada berbagai makanan yang direkomendasikan untuk pasien penyakit jantung.

Berikut makanan yang direkomendasikan untuk menjaga jantung tetap sehat dan kuat:

1. Salmon dan tuna
Salmon dan tuna menjadi makanan terbaik untuk jantung karena kaya asam lemak omega 3. Omega 3 adalah jenis asam lemak tak jenuh yang dapat mengurangi peradangan, termasuk pada pembuluh darah sekitar jantung. Manfaat tuna dan salmon yang kaya omega 3 untuk jantung, seperti mengurangi trigliserida, tekanan darah, pembekuan darah, dan menormalkan kembali detak jantung tidak teratur. Konsumsi 150 gram ikan ini dalam seminggu, dapat mengurangi risiko henti jantung mendadak. Pilih salmon dan tuna yang dikembangbiakkan di tambak, bukan yang berasal dari laut karena cukup tinggi merkuri.

2. Kedelai, edamame, dan kacang tanah
Selain protein hewani dari ikan, pasien penyakit jantung perlu melengkapi protein nabati dari produk olahan kedelai, seperti tahu, tempe, atau biji kacang kedelai. Kacang kedelai baik untuk
jantung karena mengandung isoflavon, yaitu antioksidan yang mirip hormon estrogen. Antioksidan ini dalam tubuh dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular pada wanita pascamenopause sehingga aman dikonsumsi pasien dengan masalah jantung. Isoflavon tidak hanya ada pada kacang kedelai saja, Anda juga bisa mendapatkan antioksidan ini dari edamame dan kacang tanah.

3. Oatmeal dan gandum murni
Oatmeal dan gandum murni masuk dalam daftar makanan yang sehat untuk pasien penyakit jantung. Oatmeal yang terbuat dari tanaman haver ini mengandung serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga mencegah terbentuknya plak di pembuluh arteri. Di samping itu, oatmeal juga mengandung senyawa antiradang dan antioksidan yang dapat mencegah penumpukan plak. Kedua manfaatnya ini menjaga fungsi pembuluh darah arteri tetap sehat. Kemudian, gandum yang mengandum beta-glukan juga baik untuk jantung karena dapat mengendalikan kadar kolesterol tubuh.

4. Kenari dan almond
Untuk camilan, pasien penyakit jantung bisa memilih kenari dan almond. Kedua jenis kacang-
kacangan ini mengandung lemak tak jenuh, serat,  asam lemak omega 3, vitamin E, stenol, dan
L-arginin. Berdasarkan nutrisinya ini, kenari dan almond dapat menjaga kesehatan jantung dengan berbagai cara, seperti menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, mengurangi peradangan di
pembuluh darah dan pembekuan darah, menghambat penumpukan plak di arteri, menjaga dinding arteri tetap fleksibel. Memang kacang mengandung 80 persennnya adalah lemak. Meskipun sebagian besar lemak tersebut sehat dan dibutuhkan tubuh, kandungan kalorinya cukup tinggi. Oleh karena itu, porsinya harus dibatasi, yakni sekitar 600 gram kacang tawar per minggu. Pilih kacang yang rasanya tawar tanpa ditambahkan perasa. Kacang ini bisa dinikmati langsung, dicampur yogurt, atau ditambahkan pada oatmeal.

5. Kacang hitam
Bila persedian kacang almond atau kenari sedang habis, Anda bisa memilih kacang hitam. Jenis
dapat menjadi makanan yang sehat untuk pasien penyakit jantung. Sebuah studi menyebutkan serat, antioksidan, dan senyawa antiradang pada kacang hitam bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Tidak hanya itu, kacang ini juga dapat membantu mengontrol kadar glukosa dalam darah.

6. Yoghurt
Yoghurt menjadi makanan yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung untuk orang dewasa dengan hipertensi. Anda tentu sudah tahu bahwa hipertensi menjadi salah satu faktor risiko dari penyakit kardiovaskuler sekaligus dapat memparah kondisinya jika tidak terkontrol. Manfaatnya
bisa didapat dari kalsium dan kalium pada yogurt jika dikonsumsi secara rutin dikombinasikan
dengan buah dan sayur. Namun, pilihan yoghurt terbaik untuk orang yang bermasalah jantungnya adalah yoghurt rendah lemak. Agar lebih sehat, Anda bisa menambahkan kacang almond.

7. Biji rami dan biji chia
Jenis biji-bijian yang bisa Anda andalkan sebagai makanan untuk pasien penyakit jantung adalah
biji rami dan biji chia. Keduanya bisa Anda tambahkan pada youghurt, oatmeal, atau menu
masakan lain. Biji rami dan biji chia kaya dengan serat, asam lemak omega 3, dan fitoestogen yang baik untuk jantung. Nutrisinya ini dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol dan tekanan darah tetap
normal.

8. Cokelat
Sebuah studi menyebutkan, cokelat bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 11 persen
dan mencegah kematian dini pada penderita penyakit jantung hingga 25 persen. Bahkan, makan
cokelat juga bisa menurunkan risiko stroke sebesar 23 persen. Para ahli sepakat bahwa kandungan flavonoid pada cokelat yang menyehatkan jantung. Flavonoid merupakan antioksidan yang memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah, berperan sebagai antiradang, mencegah penggumpalan darah, serta memperlancar aliran darah.

9. Berbagai jenis buah beri dan citrus
Buah beri, seperti blueberry, stroberi, blackberry, dan raspberry menyehatkan tubuh, termasuk
jantung. Buah ini disebut sebagai makanan yang aman bagi pasien penderita jantung karena kaya
antioksidan. Jika Anda menemui jenis buah-buahan ini di pasar dalam kondisi beku, maka Anda disarankan memilih buah yang kondisinya tidak beku, atau masih dalam keadaan segar. Anda bisa
menikmati buah ini langsung, dicampur dengan youghurt, jus, atau ditambahkan pada oatmeal.
Antioksidan juga terkandung bahwa berbagai jenis buah citrus, seperti jeruk mandarin atau jeruk
bali merah. Antioksidannya dapat meningkatkan proses metabolisme lemak di tubuh, mencegah
peradangan, dan kerusakan sel.

10. Ubi jalar
Ubi jalar mengandung vitamin A yang menyehatkan tubuh, termasuk jantung Anda. Kandungan serat dan nutrisi lain diketahui dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Sebaiknya Anda pilih ubi jalar yang berwarna oranye atau ungu. Anda bisa menikmati ubi jalar dengan direbus, dipanggang, atau ditambahkan pada sayur. Namun bagi Anda yang memiliki penyakit ginjal,
makanan ini harus dibatasi karena cukup tinggi kandungan oksalat.

11. Buah ceri
Buah ceri bisa menjadi makanan pilihan untuk pasien penyakit jantung. Karena ceri kaya dengan
antioksidan seperti serat, serat, vitamin C, karotenoid, dan polifenol. Semua nutrisi tersebut dapat meningkatkan fungsi jantung dan pembuluh darah. Buah ceri banyak dijual dalam bentuk beku
atau dikeringkan. Tapi lebih baik Anda memilih buah ceri yang kondisinya masih segar.

12. Sayuran hijau
Sayuran hijau mengandung berbagai nutrisi yang menyehatkan tubuh secara menyeluruh, termasuk organ jantung Anda. Dari beragam jenis sayur, yang paling baik untuk penderita penyakit kardiovaskular adalah brokoli, bayam, kangkung, sawi hijau, pak choy, dan asparagus. Jenis sauran-sayiran itu memiliki vitamin C yang tinggi, vitamin E, folat, kalium, kalsium, dan serat yang membantu jantung terus berfungsi normal.

13. Tomat
Salah satu manfaat buah tomat adalah menjaga jantung tetap sehat. Tomat mengandung berbagai
senyawa penting seperti karotenoid, vitamin A, kalsium, dan asam gamma-aminobutyric. Sebuah penelitian disebutkan bahwa minum jus tomat tawar selama 8 minggu dapat mengurangi kadar trigliserida. Trigliserida adalah jenis lemak yang bisa memicu penyakit aterosklerosis jika
kadarnya berlebihan. Aterosklerosis adalah penyempitan pembuluh arteri akibat penumpukan plak di dalam dindingnya. Lama-lama, kondisi ini akan menghambat aliran darah dan bisa memicu penyakit
jantung.

14. Delima
Buah delima mengandung senyawa bioaktif punicalagin, yaitu antioksidan yang dapat
melindungi jantung dari stres oksidatif. Stres oksidatif diketahui dapat menyebabkan peradangan
pada tubuh, termasuk pembuluh darah yang ada di sekitar jantung. Stres oksidatif juga menyebabkan gangguan fungsi jaringan endotel (sel yang melapisi permukaan pembuluh darah) sehingga menjadi faktor meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler. Mengonsumsi buah delima yang kaya antioksidan, kerusakan sel dapat berkurang dan memungkinkan penurunan risiko penyakit jantung.

15. Anggur
Anggur memiliki senyawa aktif yang dapat mengurangi ketegangan atau kekakuan pada
pembuluh arteri. Kulit anggur merah juga mengandung polifenol bisa melindungi endotel tetap
berfungsi normal. Buah anggur juga bisa mengurangi lemak darah, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan fungsi trombosit sehingga mencegah pembentukan plak. Semua manfaat dari anggur ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

16. Apel
Apel menjadi makanan sehat pilihan untuk pasien penyakit jantung. Menurut sebuah penelitian,
apel memiliki potensi untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Buah yang bisa dijadikan jus
ini mengandung serat dan kaya antioksidan, seperti vitamin C dan polifenol.

17. Alpukat
Daging buah alpukat yang kuning kehijauan ini mengandung senyawa lipofilik (dapat larut
dalam lemak), seperti asam lemak tak jenuh tunggal, polifenol, karotenoid, vitamin E, pitosterol, dan squalene. Semua senyawa tersebut sangat populer dengan manfaatnya dalam menurunkan kadar kolesterol. Daging buah alpukat juga mengandung acetogenin, yakni senyawa yang bisa menghambat penggumpalan platelet (keping darah). Anda bisa menikmati alpukat secara langsung, dibuat jus, atau isian sandwich untuk sarapan pagi.

18. Kopi
Kopi ternyata memberikan manfaat pada jantung karena kandungan antioksidannya. Antioksidan
diketahui dapat mengurangi stres oksidatif yang menyebabkan peradangan. Walaupun
bermanfaat, mengkonsumsi kopu perlu dibatasi, terutama pada orang yang punya gagal jantung
dan hipertensi tidak terkendali. Kopi yang mengandung kafein bila dikonsumsi berlebihan bisa
mengubah denyut jantung normal dan kenaikan tekanan darah serta kolesterol buruk.

Bulan Ini

Minggu Ini